alexametrics
Jumat, 06 Aug 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Embung Gegersimo Dikemplang Rp 107 Juta

08 Juli 2021, 13: 51: 43 WIB | editor : Ali Mustofa

Embung Gegersimo Dikemplang Rp 107 Juta

REMBANG, - Tersangka kasus dugaan korupsi embung desa Gegersimo akan segera diadili. Akibat ulah ini, negara merugi Rp 107 juta.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Rembang sudah menetapkan empat orang tersangka. Ada dua orang yang diketahui sebagai kepala desa, satu perangkat, dan pihak swasta. Sebelumnya, kejaksaan sudah menetapkan tersangka sekitar Maret lalu.

Namun, salah satu dari mereka ada yang berstatus tahanan kota. Sebab ada masalah kesehatan sehingga tak bisa ditahan di rumah tahanan (rutan). Setelah sembuh, yang bersangkutan pun ditahan di rutan.

Baca juga: Hendak Nyangkul, Nemu Pistol di Belakang Warung

Sehingga, saat ini, seluruh tersangka sudah berada di rutan. Empat orang tersangka diantaranya berinisial SK, selaku Kepala Desa Gegersimo dan S, selaku Sekretaris desa Gegersimo. H, pihak swasta, dan S, selaku pemilik CV yang juga menjabat sebagai kepala desa Samaran. Mereka masih ditahan di rutan. Saat ini, kejaksaan sedang memproses untuk tahap persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rembang melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Wisnu M Wibowo menyampaikan, kemarin dilakukan penyerahan tersangka  dan barang bukti dari jaksa penyidik kepada jaksa penuntut umum.

"Kami telah menanyakan secara langsung keadaan yang bersangkutan. Dengan didampingi penasihat hukum," jelasnya.

Proses ini merupakan tindak lanjut dari penyelidikan awal tahun lalu. Kejaksaan menerima informasi adanya embung yang ambrol. Setelah dilakukan audit dari Inspektorat ditemukan kerugian negara sekitar Rp 107 juta.

Diberitakan Jawa Pos Radar Kudus sebelumnya, sesuai yang ditulis pada papan informasi proyek yang ada di lokasi, embung ini dibangun dengan pagu anggaran Rp 200 juta. Bersumber dari bantuan keuangan provinsi. Ditambah swadaya masyarakat Rp 2 Juta. Panjang embung 30 meter, lebar 30 meter, kedalamannya empat meter. Embung itu ambrol saat usianya belum genap setahun dibangun. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP