alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara
Sekolah Kekurangan Siswa Tersisa 16

Ditemukan Pendaftar PPDB Online Belum Daftar Ulang

02 Juli 2021, 09: 40: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

ANTUSIAS: Admin memverifikasi data siswa peserta PPDB online di SMPN 2 Jepara belum lama ini.

ANTUSIAS: Admin memverifikasi data siswa peserta PPDB online di SMPN 2 Jepara belum lama ini. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Terdapat pendaftar PPDB online malah belum daftar ulang. Padahal waktu pendaftaran ulangnya 23 hingga 24 Juni lalu. Salah satunya di SMPN 3 Jepara.

Tahun ini SMPN 3 Jepara membuka kuota sebanyak 256 orang lewat PPDB online. Namun hanya terisi 224 siswa. Dari jumlah itu, terdapat 14 siswa belum daftar ulang. ”Setelah kami coba hubung-hubungi, akhirnya delapan anak sudah daftar. Saat ini tersisa enam orang belum,” terang Plt Kepala SMPN 3 Jepara Ahmad Nurrofiq.

Pihaknya tidak bisa memastikan alasan pasti para calon peserta didik (CPD) itu belum daftar ulang. ”Barangkali juga sudah daftar di sekolah lain. Namun kami masih beri kelonggaran. Kalau bisa sebelum pembelajaran dimulai,” paparnya.

Baca juga: Ngombe Kopi Bungkus Wae, Lur!

Sejauh ini pihaknya juga masih kekurangan siswa dalam PPDB online. Sebab itu, dirinya juga membuka PPDB secara offline. Tak ada batas waktunya. Semisal kuotanya telah terpenuhi, PPDB gelombang II itu ditutup.

Selain di SMPN 3 Jepara, ada 15 SMPN lain masih terdapat kuota belum terpenuhi. Jumlah itu berkurang dari sebelumnya ada 17 SMPN.

Selama kuota belum terpenuhi, pendaftarannya tetap dibuka. Teknis pendaftarannya tak lagi mengutamakan zonasi, afirmasi, prestasi maupun mutasi. Semua anak berhak mendaftar.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Haryanto berharap kuota tersebut bisa segera terpenuhi.

”Kalau bisa sebelum tahun ajaran baru mulai. Karena jumlah siswa juga berpengaruh dalam bantuan Dana BOS bagi sekolahan,” ungkapnya.

Sebelumnya PPDB tingkat SMP negeri di Jepara telah berlangsung mulai Rabu (16/6) hingga Selasa (22/6). Jumlahnya ada 39 SMP negeri. 36 SMP negeri PPDB-nya online. Sedangkan 3 SMP lainya PPDB secara manual. Rencananya tahun ajaran baru akan dimulai 12 Juli mendatang. (rom/zen/gop)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP