alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

PPDB dilakukan Online, Calon Siswa Kesulitan Tentukan Titik Rumah

Orang Tua Tetap Datang ke Sekolah

23 Juni 2021, 12: 31: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

PPDB dilakukan Online, Calon Siswa Kesulitan Tentukan Titik Rumah

GROBOGAN, – Sekitar 100 calon peserta didik (CPD) beserta walinya tetap datang ke sekolah tujuan dalam dua hari terakhir. Padahal PPDB (penerimaan peserta didik baru) dilakukan secara daring. Mereka terpaksa datang karena kesulitan menentukan titik lokasi rumahnya.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Purwodadi Mindarto mengungkapkan lebih dari seratus CPD beserta wali datang ke sekolah. Mereka berkonsultasi agar bisa mendapat slot kursi di sekolah tujuan.

”Kami terapkan protokol kesehatan ketat. Seluruhnya wajib memakai masker dan jaga jarak. Di ruang ini ada 44 komputer dengan enam petugas,” terang Mindarto.

Baca juga: Sehari Bisa Tiga Endorse

Di SMAN 1 Purwodadi, kuota sudah terpenuhi sejak hari pertama pendaftaran. Atau per Senin lalu sekitar pukul 12.20. CPD bisa menggeser peserta yang telah ada apabila mendapatkan zonasi yang lebih baik. Ada 10 rombel yang dibuka. Tujuh jurusan MIPA dan sisanya IPS. Per rombel berisi 36 siswa. Sehingga total siswa yang diterima 360 CPD.

Mindarto menambahkan, CPD yang datang ke sekolah juga biasanya mencabut pendaftaran di jalur zonasi ke jalur lain. Misalnya jalur prestasi, afirmasi, atau perpindahan orangtua. Sehingga, dari yang semula tidak masuk kuota bisa masuk antrean CPD lagi.

”Semisal awalnya berdasarkan zonasi ternyata namanya hilang. Itu CPD harus mencabut pendaftaran awal. Baru mendaftar lagi di jalur lain,” tambah dia.

Salah satu wali CPD Meilia mengaku datang ke sekolah untuk mendapat penjelasan yang lebih detail. Sebab, keponakannya yang CPD itu pindahan dari Jakarta. Meski sebenarnya secara zonasi bisa masuk, karena tinggal di Kelurahan Purwodadi, namun KK (kartu keluarga) masih mengikuti Jakarta. 

”Sudah konsultasi ke guru sini, katanya bisa via jalur prestasi. Kalau ternyata tidak bisa ya nanti di MAN Grobogan. Kebetulan juga sudah daftar di sana,” kata Meilia. 

(ks/ful/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya