alexametrics
Senin, 02 Aug 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Pemkab Jepara Beri Sinyal PTM Dimungkinkan untuk Kecamatan Zona Hijau

22 Juni 2021, 09: 46: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

SENDIRIAN: Purnomo, salah satu guru PPKn SMPN 3 Jepara mengajar melalui daring.

SENDIRIAN: Purnomo, salah satu guru PPKn SMPN 3 Jepara mengajar melalui daring. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Pembelajaran tatap muka (PTM) di Jepara semula direncanakan mulai bergulir 12 Juli. Namun saat ini rencana tersebut belum pasti. Apakah dilaksanakan atau tidak. Namun pemkab memberi sinyal PTM bisa dilaksanakan untuk kecamatan yang zona hijau.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat mengintruksikan wilayah berzona merah untuk menunda PTM dulu. Oleh sebab itu hingga saat ini rencana PTM di Jepara belum jelas.

Meski begitu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah (Jateng) Wilayah II Sunarto berharap sekolah-sekolah di bawah naungannya dapat segera menggelar PTM. ”Baik orang tua maupun anak-anak juga sudah bosan sekolah daring,” ungkapnya.

Baca juga: Peningkatan Penularan Covid-19 terhadap Anak Harus Diwaspadai

Walau belum ada kejelasan terkait rencana PTM, Sunarto tetap memerintahkan sekolah-sekolah bersiap. Mulai dari mempersiapkan sarana-prasarana hingga manajemen sekolahnya. ”Sembari melihat kondisi ke depan. Barangkali Covid-19 bisa mereda. Dan sekolah yang ditunjuk sudah siap, tinggal menjalankan,” terang Sunarto.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Agus Tri Harjono menyatakan, adanya PTM memang keharusan. Namun ia belum bisa memastikan formulasi yang dipakai seperti apa. ”Sembari ditunggu. Jepara saat ini kan juga masih zona merah. Kami tidak berani gegabah,” ungkapnya.

Namun ia menyatakan tak menutup kemungkinan di Jepara bisa menggelar PTM. Terutama di kecamatan yang masih zona hijau. ”Yang penting taat protokol kesehatan,” imbuh Agus.

Sebelumnya PTM akan mulai diselenggarakan bertepatan dengan tahun ajaran baru. Yaitu 12 Juli mendatang. Mekanismenya tetap digelar secara terbatas. Tidak semua siswa masuk. Melainkan disistem blanded. Sebagian masuk di kelas, sebagian lainnya ikut pembelajaran lewat daring. (rom)

(ks/lid/top/JPR)

 TOP