alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Bantuan Pakai Kartu Vaksinasi Bisa Bikin Blunder

21 Juni 2021, 13: 34: 21 WIB | editor : Ali Mustofa

Bantuan Pakai Kartu Vaksinasi Bisa Bikin Blunder

REMBANG, - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menegaskan belum memberlakukan kartu vaksin sebagai syarat untuk mengambil bantuan sosial. Target vaksinasi dinilai masih minim. Sehingga apabila diterapkan akan rawan blunder.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Kudus, sudah ada kecamatan beredarnya foto surat perihal dukungan vaksinasi Covid-19. Yang isinya, dalam penyaluran BLT Dana Desa, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan PKH , supaya keluarga penerima manfaat (KPM) menunjukkan bukti kartu vaksin Covid-19.

Salah satu sumber di lingkungan Pemkab Rembang yang enggan disebutkan namanya mengatakan, terkait dengan hal ini sudah ada pembahasan di level pimpinan untuk mengevaluasi kegiatan ini. Realisasi vaksinasi di Rembang masih minim, sehingga pemkab tidak akan mengambil kebijakan tersebut. Karena rawan blunder.

Baca juga: Blok D Pasar Sidomakmur Blora Diguyur Rp 3 Miliar

Artinya, ketika vaksinasi masih belum bisa menyasar para KPM justru akan menuai pertanyaan : Belum diberi vaksin kok diminta menunjukkan kartu vaksin ?.Dikonfirmasi terpisah, Asisten I Setda Rembang Ahmad Mualif membenarkan, bahwa pemkab belum mengambil kebijakan kartu vaksin sebagai syarat untuk mengambil bantuan.

"Belum," katanya.

Untuk menanggapi informasi yang beredar tentang adanya kecamatan yang sudah memberlakukan kebijakan itu, Mualif mengatakan, bahwa target capaian vaksinasi tiap kecamatan berbeda-beda. Apabila vaksinasi sudah menyasar pada masyarakat yang menerima bantuan, menurutnya bagus untuk diterapkan.

"Kan target capaian vaksin beda-beda tiap kecamatan. Ada yang sudah menyasar semua masyarakat penerima bantuan, ya bagus itu diterapkan," katanya.Namun, apabila vaksinasi di kecamatan belum menjangkau semua dikhawatirkan akan menjadi blunder.

"Tapi bagi Kecamatan yang capaiannya belum menjangkau semua, trus ada kewajiban seperti itu kan blunder. Jadi mereka yang lebih tahu kondisi capaiannya," katanya.

Dari website resmi https://covid19.rembangkab.go.id/, ditulis kolom kriteria untuk tenaga medis, petugas publik, dan lansia. Total sasarannya ada 104.264.  Vaksinasi I sudah mencapai 52.327.  Sementara vaksinasi II 25.224. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya