alexametrics
Senin, 02 Aug 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Calon Peserta Didik Baru Yang Kantongi Token Gasss Daftar Sekolah

21 Juni 2021, 13: 28: 50 WIB | editor : Ali Mustofa

Calon Peserta Didik Baru Yang Kantongi Token Gasss Daftar Sekolah

KUDUS – Calon peserta didik baru yang sudah memiliki token, bisa lanjut mendaftar sekolah pada Senin (21/6) atau hari ini. Pendaftaran sesuai dengan empat jalur zonasi yang bisa dipilih.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah III Sunoto menjelaskan, SMA dan SMK negeri serentak dibuka secara online. Calon peserta didik bagi SMA bisa memilih dua sekolah, sedangkan SMK dapat memilih tiga pilihan kompetensi keahlian dari dua sekolah.

“Selama masa pendaftaran, calon peserta didik SMK negeri dapat mengubah pilihan ke SMA negeri begitu juga sebaliknya. Tapi, harus membatalkan pendaftaran pertama. Pindah pilihan dari SMA ke SMK wajib melengkapi dan mengunggah surat pernyataan sehat sesuai yang dipersyaratkan,” ungkapnya.

Baca juga: Pendidikan itu Investasi Masa Depan

Sunoto mengatakan, tahun ini jalur zonasi ditetapkan berdasarkan wilayah kecamatan dengan perhitungan titik koordinat dari rumah ke sekolah. Untuk PPDB online bisa membuka link https://ppdb.jatengprov.go.id/.

Dia berpesan, pada saat mendaftar menggunakan jalur zonasi mendapati titik koordinat rumah ada di tengah lautan atau tidak sesuai dengan KK, calon peserta bisa datang ke sekolah yang dituju untuk mengonfirmasi perbaikan data melalui mekanisme verval data individu peserta didik tingkat akhir.

“Sekolah telah menyiapkan pos pengaduan PPDB sehingga kalau ada persoalan bisa meminta bantuan, dengan catatan patuhi protokol kesehatan (Prokes),” terangnya.

Di SMA 1 Kudus sudah menyiapkan pos pengaduan PPDB. Panitia PPDB Triastuti Evawani, mengatakan, sehari dibatasi 50 orang yang datang ke sekolah untuk bertanya terkait pendaftaran.

“Ya seharusnya untuk masuk pendaftaran pilih sekolah siswa sudah memiliki akun dan token. Pekan lalu sudah diberi waktu untuk membuat akun, kalau tidak memiliki ya tidak bisa mendaftar,” jelasnya. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP