alexametrics
Selasa, 27 Jul 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Siswa MAN 2 Kudus Raih Medali Emas Robotik Internasional

21 Juni 2021, 11: 39: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

BANGGA: Kepala MAN 2 Kudus Shofi (dua dari kiri) bersama Yudhistira Abrori, peraih medali emas ajang robotik internasional didampingi guru pembina sembari memegang piagam penghargaan di sekolah baru-baru ini.

BANGGA: Kepala MAN 2 Kudus Shofi (dua dari kiri) bersama Yudhistira Abrori, peraih medali emas ajang robotik internasional didampingi guru pembina sembari memegang piagam penghargaan di sekolah baru-baru ini. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Siswa MAN 2 Kudus Yudhistira Abrori kelas XI MIPA berhasil menorehkan prestasi internasional. Yakni dengan meraih medali emas dalam kategori RCAP CoSpace Autonomous Driving Challenge U19 (Online) pada RoboCup Asia-Pacific Tianjin Invitational Tournament 2021 yang diselenggarakan RoboCup Asia-Pacific (RCAP) Confederation secara online.

Dalam acara tahunan itu, Yudhistira berhasil menang dalam persaingan ketat dengan peserta dari Tiongkok, Jepang, Brazil, Rusia, Iran, Mesir, dan Singapura.

Yudhistira mengatakan, lomba itu diumumkan pada (23/5). “Namun seremonialnya dilaksanakan Sabtu (12/6) secara virtual,” katanya.  Dia juga berhasil meraih penghargaan Juara II Influencer Award (Community Awareness) dan Juara II Award (Educational Value).

Baca juga: Nama Bandara Ngloram Diusulkan Diubah Jadi Abdurrahman Wahid

Yudhistira mengatakan, sebelum masuk grand final, dia menyiapkan proposal terlebih dahulu. Saat lolos, dia diminta presentasi. Setelah dinyatakan masuk nominasi, ada gladi bersih.

Grand final lomba dilaksanakan saat lebaran kedua pada Jumat (14/5) pukul 17.00 hingga pukul 20.00. Saat grand final, dia diberi waktu tiga jam untuk memprogram robot.

“Saya memprogram robot kendaraan tanpa sopir yang digunakan untuk mengikuti rute virtual dengan jarak sekitar 400 meter, melewati cek poin tertentu hingga sampai ke tujuan akhir,” terangnya. Keberhasilan prmograman itu membuatnya berhasil menjuarai ajang internasional itu. 

Kepala MAN 2 Kudus Shofi bersyukur dengan capaian peserta didiknya. Keberhasilan ini menambah semangat MAN 2 Kudus untuk terus berjuang lebih baik.

“Semangat kompetitif dan torehan prestasi ini menjadi pembuktian madrasah mampu bersaing di bidang teknologi robotika dengan negara-negara luar,” ujarnya. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP