alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Sepuluh Desa di Jepara Ajukan Pencairan DD Tahap Dua, Ini Besarannya

19 Juni 2021, 10: 00: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Muh. Taufik  Kabid Bina Pemerintahan Desa pada Dinsospermasdes Kabupaten Jepara

Muh. Taufik Kabid Bina Pemerintahan Desa pada Dinsospermasdes Kabupaten Jepara (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Sepuluh desa dari 184 desa di Jepara ajukan pencairan dana desa (DD) tahap dua. Besaran yang dicairkan di tahap ini sama dengan tahap pertama. Yaitu sebesar 40 persen dari total DD yang diperoleh tiap desa.

Pencairan dana desa tersebut terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pencairannya sebesar 40 persen. Begitu pula tahap kedua. Sedangkan tahap ketiga pencairannya sebesar 20 persen.

Di tahap pertama pencairan DD diprioritaskan untuk alokasi kegiatan PPKM skala mikro di tingkat desa dan penyaluran BLT bagi KPM. Saat ini seluruh desa di Jepara telah merealisasikan alokasinya.

Baca juga: Seperti Ini Kondisi Jalan Lebak-Bangsri setelah Ditanami Pisang

Sedangkan tahap kedua pencairannya diprioritaskan untuk penyaluran BLT DD mulai Juni hingga Oktober.

”Selain itu, diperkenankan pula untuk alokasi pemberdayaan masyarakat dan pemulihan ekonomi desa,” terang Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) Jepara Edy Marwoto melalui Kabid Bina Pemerintahan Desa Muh. Taufik.

Bagi desa yang hendak mengajukan pencairan DD tahap kedua harus melengkapi beberapa persyaratan. Yaitu scan laporan realisasi DD 2020 dan scan laporan realisasi DD tahap pertama 2021. ”Ditambah scan peraturan kepala desa tentang BLT DD tahun 2021,” imbuh Taufik.

Ia mengaku proses pengajuan pencairan DD tahap dua masih berjalan. Ia menuturkan lama tidaknya pencairan DD tahap dua tergantung masing-masing desa. ”Tergantung desa bisa cepat atau tidak dalam memenuhi persyaratan pencairan Dana Desa,” pungkasnya. (rom)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP