alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Gedung BLK Penuh, Isolasi Pasien Covid-19 Pindah ke Undip Telukawur

19 Juni 2021, 10: 00: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

SIAP HUNI: Sejumlah petugas membersihkan area tempat isolasi terpusat pasien Covid-19 di asrama Undip Telukawur kemarin.

SIAP HUNI: Sejumlah petugas membersihkan area tempat isolasi terpusat pasien Covid-19 di asrama Undip Telukawur kemarin. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Tempat isolasi pasien Covid-19 di asrama Universitas Diponegoro (Undip) Telukawur, Tahunan, telah siap menerima pasien. Lantaran kapasitas tempat isolasi pasien di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Pencangaan hampir terisi penuh.

Perkemarin, jumlah pasien yang diisolasi di gedung BLK ada 41 orang. Terdiri dari laki-laki 25 orang dan 16 orang perempuan. Sedangkan kapasitas tempat isolasi terpusat di gedung BLK ada 48 tempat tidur isolasi.

”Sewaktu-waktu bisa penuh. Sehingga per-hari ini mulai bisa difungsikan yang di Telukawur,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara Mudrikatun melalui Kabid Pencegahan dan Penanganan Penyakit Eko Cahyo Puspeno.

Baca juga: Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat Harus Ditingkatkan

Di asrama Undip Telukawur kapasitasnya ada 116 tempat tidur isolasi. Pasien yang diisolasi di sana juga dipantau dokter jaga dan perawat. ”Ada sekitar enam orang mulai kami training,” imbuh Eko.

Tempat isolasi terpusat itu diisi oleh beberapa golongan. Diutamakan untuk pasien Covid-19 tanpa gejala di zona merah. Juga bagi warga yang tempat isolasi mandirinya tidak memenuhi syarat.  Selain itu juga untuk warga yang sulit mentaati protokol kesehatan saat sedang isolasi mandiri.

Eko menambahkan dalam penanganan Covid-19 di Jepara selain menambah kapasitas ruang isolasi, juga digencarkannya 3T. Yaitu testing, tracing, dan treatment. Selain itu, masyarakat harus turut serta dalam menerapkan protokol kesehatan. ”Dalam memutus rantai penularan, itu harus ditekankan. Agar selalu menjaga imun dan iman. Agar semuanya aman,” terang Eko Cahyo Puspeno.

Dari pantauan di lapangan kemarin sore, sejumlah petugas telah bersiap di lokasi isolasi terpusat asrama Undip Telukawur. Tenda darurat milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga didirikan. Namun hingga sore itu belum tampak pasien menghuni tempat tersebut. (rom)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya