alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Perbaikan Lima Ruas Jalan di Pati Serap Rp 20 Miliar

18 Juni 2021, 21: 07: 48 WIB | editor : Ali Mustofa

Perbaikan Lima Ruas Jalan di Pati Serap Rp 20 Miliar

PATI – Pemerintah Kabupaten Pati memprioritaskan perbaikan lima ruas jalan di sejumlah wilayah Kota Mina Tani ini. Anggaran yang diusulkan untuk ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 sebesar Rp 20 miliar.

Kelima jalan itu yakni ruas jalan Pati-Gabus, kemudian disusul urutan selanjutnya di Kayen-Tambakromo, Tambakromo-Grobogan, Gabus-Winong, Winong-Pucakwangi. Perbaikan jalan tersebut dilaksanakan secara berurutan sesuai skala prioritas kerusakan jalan. Sebab beberapa poin perlu diperhatikan dalam perbaikan. Dinilai dari kerusakan dan tingkat pemanfaatannya.

”Kami mengurutkan prioritas. Demi menarget titik mana yang urgensinya paling tinggi. Selain itu, yang kerusakannya paling parah,” kata Kasi Peningkatan Jalan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo.

Baca juga: Bupati Jepara Warning Perusahaan, Wajib Terapkan Prokes Ketat

Anggaran DAK 2022 ini, kata dia, belum tentu mampu mencukupi perbaikan kelima titik tersebut. Soalnya belum lagi kalau ada refocusing. Sehingga perbaikan di lima titik jalan ini terhambat.

“Kami anggarkan saat ini totalnya sekitar Rp 20 miliar. Realistis saja, paling anggaran yang diberikan oleh pusat melalui DAK hanya mampu menyelesaikan perbaikan di dua titik saja. Itu menurut pengalaman tahun lalu. Semoga saja DAK dapat terealisasi dan tak terpangkas refocusing,” ujarnya.

Pihaknya akan berupaya memulai merencanakan perbaikan ruas jalan di Kabupaten Pati. Tahun ini DPUTR menyerap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati sebesar Rp 70 Miliar untuk perbaikan ruas jalan. Selain itu, terdapat Dana Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Tengah sebesar Rp 14 Miliar. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya