alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Pemdes Bulumanis Kidul Buka Dapur Umum untuk Penderita Covid-19

17 Juni 2021, 16: 21: 50 WIB | editor : Ali Mustofa

DISEDIAKAN: Ibu-ibu memasak keperluan warga isolasi di Desa Bulumanis Kidul, Maroyoso belum lama ini.

DISEDIAKAN: Ibu-ibu memasak keperluan warga isolasi di Desa Bulumanis Kidul, Maroyoso belum lama ini. (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Warga Desa Bulumanis Kidul, Margoyo membuka dapur umum untuk penderita Covid-19 di salah satu rumah warga setempat. Ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga yang terdampak virus itu. Dapur umum ini sudah mulai dibuka sejak Senin (14/6).

Kepala Desa Bulumanis Kidul Susanto mengatakan, dapur umum ini sebelumnya digagas bersama sebelum dibuka. Selain request dari warga setempat, pihaknya mendapat respon yang positif terkait dapur umum ini.

“Tentunya dapur umum ini dibuka dalam rangka memenuhi kebutuhan para warga setempat yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri,” kata Kades desa itu.

Baca juga: Asyik! Disabilitas di Kudus Kini Bisa Ikut PPDB

Pihaknya menyebut bahwa saat ini ada sebanyak 20-an warga yang melakukan isolasi mandiri lantaran terdampak Covid-19. Oleh karena itu, dapur umum dibuka agar mereka tak perlu khawatir tentang kebutuhan makanan sehari-hari. Rencana dibuka sampai warga yang terpapar sudah sembuh.

“Bagi warga yang isolasi mandiri, kami berikan makan tiga kali sehari beserta keluarga yang satu rumah,” terangnya.

Dengan adanya dapur umum ini, kata dia, bentuk dari program Jogo Tonggo yang sebenarnya. Sebab, program Jogo Tonggo tak sekadar menjaga agar warga yang terdampak Covid-19 taat melakukan isolasi mandiri. Namun juga membantu pemenuhan kebutuhan mereka.

Terdapat lebih dari 50 warga maupun donatur yang berkontribusi demi berjalannya dapur umum tersebut. Mulai dari beras, telur, daging ayam, mie instan, minyak goreng, bawang merah, cabai, dan gula.

“Semoga dengan adanya dapur umum ini dapat memberikan contoh yang baik. Ditambah memotivasi bagi desa-desa lain yang juga terdampak Covid -19. Ini agar ikut membuat dapur umum semacam ini,” pungkasnya. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya