alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Asyik! Disabilitas di Kudus Kini Bisa Ikut PPDB

17 Juni 2021, 15: 23: 25 WIB | editor : Ali Mustofa

Asyik! Disabilitas di Kudus Kini Bisa Ikut PPDB

KUDUS – Ada yang berbeda dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD kali ini. Sebab disabilitas kini diperbolehkan mengikuti PPBD melalui jalur afirmasi. Baik tingkat SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Harjuna Widada mengatakan, PPDB SD sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, sekarang ada kuota 15 persen untuk jalur afirmasi.

Baca juga: Karang Taruna Tanjung Seto Bantu Tangani Korona, Semprot Eco Enzyme

“Kalau SMP memang sejak dulu ada jalur afirmasi. Ini untuk memberikan kesempatan calon peserta didik penyandang disabilitas mengeyam pendidikan di sekolah negeri,” terangnya.

Harjuna mengatakan, PPDB jalur afirmasi untuk SD dan SMP ada kuota 15 persen. Jalur ini untuk calon peserta didik yang kurang mampu dan disabilitas, “Bukan untuk anak tenaga kesehatan penanganan Covid-19 ya. Itu khusus PPDB SMA,” terangnya.

Cara mendaftar jalur afirmasi keluarga tak mampu yakni dengan mengunggah bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Di antaranya kartu Indonesia pintar (KIP) dan kartu Program Keluarga Harapan (PKH). Sementara, penyandang disabilitas mengunggah surat keterangan atau rekomendasi hasil assesmen dari psikolog.

Harjuna mengatakan, kalau sampai ada surat yang dipalsukan maka akan diproses secara hukum.

“Yang SMP nanti akan ada pos PPDB, bagi yang kurang paham atau menemui persoalan pendaftaran bisa datang ke sekolah, dengan catatan protokol kesehatan. Memakai masker dan membawa hand sanitizer,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, sudah tidak ada surat keterangan domisili (SKD) kecuali jalur peripindahan orang tua.

“ Untuk jalur prestasi silakan siapkan piagam. Pilih piagam paling tertinggi. Minimal tingkat kabupaten atau tertinggi internasional,” terangnya. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya