alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Gubernur Apresiasi Pemkab Pati Gunakan Hotel untuk Tempat Isolasi 

16 Juni 2021, 10: 15: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

DIAPRESIASI: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri) dan Bupati Pati Haryanto (tengah) memantau Hotel Kencana Pati kemarin.

DIAPRESIASI: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri) dan Bupati Pati Haryanto (tengah) memantau Hotel Kencana Pati kemarin. (HUMAS SETDA PATI FOR RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terlihat mendatangi Hotel Kencana Pati kemarin. Hotel itu, salah satu tempat karantina terpusat di Kabupaten Pati. Kedatangannya untuk memantau kondisi warga yang isolasi di hotel tersebut.

Bupati Pati Haryanto tersebut, juga terlihat bersama gubernur Jateng itu. Mereka melihat kondisi tempat isolasi bagi masyarakat yang terpapar Covid-19. Kondisi warga isolasi itu, orang tanpa gejala (OTG).

Upaya Pemkab Pati menjadikan hotel sebagai tempat isolasi mendapatkan apresiasi dari gubernur. Menurut Ganjar, dengan menggandeng pihak swasta untuk menyediakan tempat isolasi, menjadi suatu langkah tepat untuk penanganan Covid-19.

Baca juga: Tiwas Berharap, Malah Di-PHP

Gubernur Ganjar berinteraksi dengan warga isolasi.

Gubernur Ganjar berinteraksi dengan warga isolasi. (HUMAS SETDA PATI FOR RADAR KUDUS)

”Inisiatif ini merupakan langkah yang bagus. Tempatnya aman, bersih, bisa dipantau, dan nyaman bagi pasien," ujarnya.

Ganjar berharap, para kepala daerah lain bisa menggandeng berbagai pihak untuk penyediaan tempat isolasi terpusat. Ini dilakukan untuk mengejar bed occupancy ratio (BOR) yang ada di rumah sakit.

Dia juga mengimbau, Pemkab Pati dan Jepara untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Terutama membatasi keramaian. Saran dia, masyarakat ini harus terus mendapatkan edukasi. Selain itu, ditambah pemahaman bahayanya virus korona.

”Tadi sekda sudah berkoordinasi dengan para kepala daerah Solo Raya dan Semarang Raya. Agar membuat kesepakatan bersama. Yaitu tentang aturan tempat wisata, ibadah, dan sosial. Aturan ini untuk pencegahan penyebaran virus tersebut," jelas Ganjar.

Bupati Haryanto menuturkan, penggunaan Hotel Kencana sebagai tempat isolasi terpusat adalah kali kedua. Pada 2020 lalu, Pemkab Pati juga menyewa hotel itu sebagai tempat isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19. Saat kasus Covid-19 mereda pada Februari lalu, Pemkab Pati menghentikan penyewaan.

”Namun karena sekarang kasusnya kembali melonjak, kami kembali menyewa Hotel Kencana untuk mengantisipasi melonjaknya BOR rumah sakit," imbuhnya.

Haryanto menuturkan, isolasi di hotel ini untuk memberi kenyamanan bagi pasien Covid-19. Kapasitasnya 94 kamar. ”Semoga para pasien Covid yang diisolasi di Hotel Kencana bisa segera sembuh,” harapnya.

Dia mengungkapkan, BOR rumah sakit di Kota Mina Tani saat ini mengalami penurunan. Tak hanya warga Pati, sebagian kamar juga diisi oleh pasien Covid-19 dari kabupaten lain.

Setelah meninjau hotel itu, gubernur melanjutkan perjalanan ke Desa Kudur, Winong. Tujuannya, memantau isolasi di desa tersebut. (adr)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP