alexametrics
Senin, 02 Aug 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Tiga Sekolah di Jepara Layani PPDB Offline, 36 Online

14 Juni 2021, 16: 44: 17 WIB | editor : Ali Mustofa

Tiga Sekolah di Jepara Layani PPDB Offline, 36 Online

JEPARA – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP se-derajat akan dibuka Rabu (16/6) mendatang. Dari total 39 SMP negeri di Jepara, ada 36 SMP negeri yang siap melayani PPDB online. Sedangkan tiga SMP menggelar PPDB secara offline.

Tiga sekolah itu yakni SMPN 1 Karimunjawa, SMPN 2 Karimunjawa dan SMPN 4 Kembang. Di Karimunjawa tidak digelar secara online karena keterbatasan akses internet. Sedangkan di SMPN 4 Kembang karena pertimbangan minat siswa di wilayah tersebut.

”Kalau dipaksakan secara online, bisa-bisa tidak dapat murid. Offline saja kuotanya masih tidak terpenuhi. Apalagi online,” terang Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Agus Tri harjono.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Bed Isolasi di Jepara Ditambah

Ia memaklumi itu. Dengan PPDB secara offline, penduduk di sekitar tiga SMP tersebut bisa mendapatkan pendidikan. ”Berapapun jumlahnya kami terima,” pungkasnya.

Meski begitu, terdapat sekitar 98 persen SMP negeri di Jepara menggelar PPDB secara online. Dengan diterapkannya sistem PPDB online tersebut, ketidakadilan bisa diminamilisasi. Sehingga tidak ada lagi istilah sekolah favorit dan lainnya.

Regulasi terkait PPDB online SMP di Jepara adalah 50 persen untuk zonasi. Sedangkan 30 persen diperuntukkan prestasi. Sisanya untuk mutasi dan afirmasi.

Untuk PPDB online pendaftarannya mulai 16 Juni hingga 19 Juni. Sedangkan PPDB offline 16 Juni hingga 21 Juni. Rencananya, masa tahun ajaran baru akan dimulai serentak 12 Juli. (rom)

(ks/lid/top/JPR)

 TOP