alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Pemkab Pati Bukukan PAD Rp 2,6 Triliun

14 Juni 2021, 14: 57: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

DIBEBERKAN: Pemda Pati membahas rapat paripurna membahas Raperda tentang Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati tahun anggaran 2020 belum lama ini.

DIBEBERKAN: Pemda Pati membahas rapat paripurna membahas Raperda tentang Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati tahun anggaran 2020 belum lama ini. (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Realisasi pendapatan daerah Kabupaten Pati pada 2020 mencapai Rp 2,6 triliun. Pendapatan terbanyak bersumber dari dana transfer dari pemerintah pusat.

Pendapatan Transfer sendiri terdiri dari tiga hal. Yakni, dana perimbangan, bagi hasil pajak, dan bagi hasil bukan pajak.

PAD Kabupaten Pati sendiri pada tahun lalu mencapai Rp 371,7 miliar. Lalu pendapatan transfer mencapai Rp 2,17 triliun. Kemudian pendapatan daerah lain-lain yang sah mencapai Rp 177,2 triliun.

Baca juga: Pengelolaan Arsip Kabupaten Pati Dapat Penghargaan Sangat Memuaskan

"Total pendapatan daerah Kabupaten Pati pada tahun 2020 Rp2,6 triliun," ungkap Bupati Pati Haryanto saat rapat paripurna belum lama ini.

Pendapatan Asli Daerah ini ada beberapa penerimaan. Ini diperoleh daerah dari sumber-sumber dalam wilayahnya sendiri. Dasarnya dipungut berdasarkan Undang-Undang yang terdiri dari pendapatan pajak daerah, pendapatan retribusi daerah, dan PAD lain-lain yang sah.

Sedangkan PAD lain-lain yang sah diantaranya bersumber dari dana bagi hasil pajak dari Provinsi Jawa Tengah dan dana desa.

Terkait, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Pati tahun anggaran 2020 berdasarkan tiga elemen. Yakni, pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan transfer dari pemerintah pusat, dan pendapatan daerah lainnya yang sah.

Ini disampaikan Haryanto saat menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Kamis (3/6) lalu. Rapat Paripurna itu membahas Penjelasan Bupati terhadap Raperda tentang Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati tahun anggaran 2020. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya