alexametrics
Selasa, 27 Jul 2021
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

Pemkab Blora Gandeng UPN Jogja Wujudkan Geopark Nasional

14 Juni 2021, 12: 41: 26 WIB | editor : Ali Mustofa

POTENSI ALAM: Wisatawan berpose dengan latar Bukit Kunci. Kawasan itu jadi salah satu sasaran untuk jadi geopark.

POTENSI ALAM: Wisatawan berpose dengan latar Bukit Kunci. Kawasan itu jadi salah satu sasaran untuk jadi geopark. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA, Pemkab Blora mulai merintis geoheritage maupun geopark nasional. Untuk itu, Pemkab menggandeng Fakultas Teknologi Mineral (FTM) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogjakarta.

Arief mengungkapkan, Blora memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi geoheritage maupun geopark nasional. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dan sinergi dari berbagai pihak untuk mewujudkannya.

”Kita sudah ke UPN Jogjakarta untuk penjajakan kerja sama dengan Blora untuk menyusun rencana geoheritage dan geopark nasional yang ada di Blora,” ucapnya.

Baca juga: Ganjar Minta Kudus Optimalkan Rusunawa untuk Lokasi Isolasi Mandiri

PEMKAB BLORA FOR RADAR KUDUS PENJAJAKAN: Bupati Blora Arief Rohman saat presentasi dengan akademisi di UPN Jogjakarta terkait potensi geopark nasional di Blora.

PEMKAB BLORA FOR RADAR KUDUS PENJAJAKAN: Bupati Blora Arief Rohman saat presentasi dengan akademisi di UPN Jogjakarta terkait potensi geopark nasional di Blora. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

Ketua Tim Penyusunan Geoheritage Jatmika Setiawan menyatakan kesiapannya untuk membantu mewujudkan impian Blora tersebut. ”Kami ada tim khusus untuk geoheritage dan geopark Teknik Geologi UPN Veteran Jogjakarta,” ucapnya.

Menurutnya, Blora memiliki keunikan tersendiri untuk pengembangan geoheritage maupun geopark nasional. Pasalnya, di Blora terdapat petroleum system yang nantinya dapat diunggulkan.

 Selama ini geoheritage dan geopark nasional maupun internasional itu berbau pegunungan. Kemudian lantai samudra. Tetapi untuk yang petroleum system, kawasan bentang alam sistem petroleum itu belum ada. ”Baik di Indonesia maupun di dunia,” papar Jatmika.

 Sehingga, nanti kalau Blora itu menjadi geopark nasional yang namanya Petroleum System, maka itu akan menjadi satu-satunya geopark yang berupa sistem minyak bumi. Itu akan menjadi unggulan.

”Apalagi tadi ada fosil-fosil yang berkelas Internasional. Semoga juga akan mendukung menjadi geopark nasional dan juga berkelas Internasional,” sambungnya.

Sementara itu, Dekan FTM UPN Veteran Jogjakarta Sutarto menyatakan kesiapannya mendukung Pemkab Blora dalam mewujudkan geoheritage dan geopark Blora.  ”Kita siap untuk membantu,” ungkapnya.

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP