alexametrics
Sabtu, 19 Jun 2021
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

Bappeda Grobogan Luncurkan “Sinada Pencerah”

11 Juni 2021, 13: 21: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

INOVASI: Kepala Bappeda Grobogan Anang Armunanto menunjukkan aplikasi Sinada Pencerah kemarin.

INOVASI: Kepala Bappeda Grobogan Anang Armunanto menunjukkan aplikasi Sinada Pencerah kemarin. (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

PURWODADI, – Bappeda Grobogan terus berinovasi untuk mengintegrasikan satu data infrastruktur. Untuk itu, Bappeda meluncurkan kanal Sinergi Satu Data untuk Perencanaan yang Cermat, Akurat dan Hebat (Sinada Pencerah).

Kepala Bappeda Grobogan Anang Armunanto mengatakan, dalam perencanaan pembangunan, sering kali ada masalah data yang masih tersebar, sulit diakses, belum mutahir, dan belum valid. Sehingga mempersulit pemetaan data pembangunan daerah.

“Padahal data tersebut penting untuk melihat potensi dan kekuatan daerah. Bahkan, sebagai bahan analisis pengambilan keputusan, penetapan indikator kinerja, pemantauan, dan evaluasi kinerja. Data yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap perencanaan yang lebih berkualitas pula,” jelasnya.

Baca juga: Bupati-Wabup Blora Tuntaskan 99 Hari Program Prioritas

Dalam kanal Sinada Pencerah dilengkapi dengan fitur analisis penentuan prioritas sebagai sistem pendukung keputusan dalam perencanaan, dan monitoring.  Di dalam kanal tersebut dapat dilihat kondisi pembangunan infrastruktur saat ini, capaian kinerja pembangunan, dan sebaran pembangunan yang telah dibangun.

“Saat ini masih berupa website. Namun dalam waktu dekat akan kami buat dalam wujud aplikasi. Sistem informasi tersebut kini sudah dapat diakses masyarakat sebagai bentuk transparansi pembangunan,” imbuhnya.

Mengingat, kata dia, pembangunan infrastruktur terus menjadi prioritas pemkab. Utamanya dalam menggenjot pembangunan infrastruktur jalan, irigasi, air minum, perhubungan, kesehatan, pendidikan, dan sarana perekonomian yang manfaatnya telah dirasakan masyarakat.

Pihaknya berharap, inovasi tersebut dapat menjawab permasalahan yang ada dalam penyediaan data yang terintegrasi sehingga dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan. Dari data-data infrastruktur tersebut dapat di analisis perkembangan dan keterpaduan pembangunan infrastruktur. 

(ks/int/mal/top/JPR)

 TOP