alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Atasi Kenaikan Kasus Covid-19, RS di Rembang Tiap Hari Tambah Nakes

11 Juni 2021, 10: 31: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

Atasi Kenaikan Kasus Covid-19, RS di Rembang Tiap Hari Tambah Nakes

REMBANG - Angka terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Rembang masih bisa dikendalikan. Secara berkala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Soetrasno Rembang meng-cover kecukupan ruang dan personel tenaga kesehatan (nakes).

Memang, jika melihat grafik kenaikan, angka pasien terkonfirmasi di Kota Garam menunjukkan tren kenaikan. Namun, di sisi lain penanganan yang diberikan juga sepadan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Informasi RSUD dr R Soetrasno Rembang Nurdin Fahrudin menyampaikan, pihaknya terus mengembangkan kapasitas rumah sakit. ”Otomatis (ada penambahan ruang). Kami terus berusaha,” jelasnya.

Baca juga: Abrasi Kikis Desa Bulak Baru, Ketua DPRD dan BPC Hipmi Tanam Mangrove

Hingga kemarin, kapasitas ruang di RSUD masih cukup. Penambahan ruang ini juga diikuti penambahan sumber daya manusia (SDM) perawat. Namun pihaknya belum bisa menyebutkan secara detail jumlah perawat itu. Sebab, angka penambahan selalu dinamis.

”Bergerak terus angkanya setiap hari. Kalau ada penambahan tempat tidur, kan otomatis tenaganya (perawat, Red) juga semakin banyak,” imbuhnya.

Terpisah, Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre menjelaskan, penerapan prokes selalu ditekankan. ”Strategi yang bisa menurunkan Covid-19 adalah kesadaran masyarakat dalam melaksanakan prokes. Dengan begitu, pihaknya meminta seluruh elemen bisa saling membantu,” tegasnya.

Kepada jajaran polsek, pihaknya meminta untuk melakukan penyemprotan dan pengawasan warga yang isolasi mandiri. Dengan memberi label stiker di rumah warga itu. ”Biar tahu bahwa di rumah itu ada isolasi mandiri. Jadi, tidak bisa datang untuk berkunjung,” imbuhnya.

Operasi yustisi juga dilaksanakan secara masif di sumua tempat. Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Covid-19 itu ada. Jadi, perlu menerapkan prokes. Jadi, semua area tersentuh satgas penanganan Covid-19. 

(ks/vah/lin/top/JPR)

 TOP