alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Retribusi Pasar Kliwon Kudus Baru Capai Rp 1 Miliar

10 Juni 2021, 15: 21: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

Retribusi Pasar Kliwon Kudus Baru Capai Rp 1 Miliar

KUDUS – Retribusi Pasar Kliwon sudah mencapai Rp 1,07 miliar atau sekitar separo dari target Rp 2,3 miliar. Padahal pendapatan sebelum pandemi bisa lebih dari itu.

Koordinator Pasar Kliwon Sugito menyebut sejak adanya pandemi berpengaruh dengan pendapatan pedagang di pasar. Karena ada beberapa kebijakan yang memperketat operasional pasar. Selain itu juga adanya beberapa imbauan mengenai minimalisasi mobilitas masyarakat. Sehingga berpengaruh terhadap pembayaran retribusi. Kendati demikian, Sugito mengaku tetap optimistis target Rp 2,3 miliar bisa tercapai.

Baca juga: Bertambah Lagi, Desa Wisata Baru di Kudus Kini Berjumlah 28

“Dalam sebulan jika dirata-rata retribusi Pasar Kliwon mampu mengumpulkan Rp 200 juta,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengoptimalkan e-retribusi. “Yang bandel bayar datanya kami akan ketahui. Pedagang apa dan yang mana. Sehingga saat tidak bayar maka akan terakumulasi menjadi piutang dan harus dibayar,” katanya,

Lewat sistem e-retribusi, pihaknya berupaya untuk memenuhi target sebesar Rp 2,3 miliar. Saat ini tagihan rutin terus dilakukan lewat e-retribusi.

Sementara besaran jumlah retribusi untuk kios, los, dan ruko berbeda setiap harinya. Tarif retribusi bagi kios dan ruko dikenai nominal Rp 200 per meter persegi per hari. Kemudian untuk barang yang ditinggal di kios dikenai biaya Rp 100 meter persegi per hari. Sedangkan untuk sampah per unit di tiap-tiap kios dikenai retribusi Rp 300.

“Sedangkan biaya retribusi los Rp 150 per meter persegi per hari. Lalu ditambah dengan retribusi barang yang ditinggal per hari dan biaya retribusi sampah Rp 100,” tuturnya. (tos)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya