alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Bertambah Lagi, Desa Wisata Baru di Kudus Kini Berjumlah 28

10 Juni 2021, 14: 42: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

LOMBAN DI KESAMBI: Wisata baru di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kudus yang beberapa waktu lalu ramai dikunjungi masyarakat.

LOMBAN DI KESAMBI: Wisata baru di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kudus yang beberapa waktu lalu ramai dikunjungi masyarakat. (DONNY SETYAWAN/RADARKUDUS)

Share this      

KUDUS – Jumlah rintisan desa wisata di Kudus bertambah. Tahun ini ada sebanyak 13 desa yang akan mendapatkan SK bupati Kudus untuk predikat desa wisata.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Mutrikah mengatakan, pada 2021 ada sebanyak 13 desa yang akan mendapatkan SK bupati. Sebelumnya sudah ada 15 desa wisata yang mendapatkan SK bupati.

“Akan ada 28 desa wisata di Kudus, terbaru ada 13 desa," katanya.

Baca juga: Tujuh Puluh Persen Jalan Desa Sudah Bagus

Adapun 13 desa itu terdiri dari, Karangampel, Menawan, Gribig, Kauman, Japan, Klaling, Janggalan, Karang Rowo, Pedawang, Ngemplak, Kedungdowo, dan Gondosari.

Harapannya 13 desa bisa mengangkat potensi wisata yang ada di desanya. Sehingga mampu menarik wisatawan baik dari dalam dan luar Kudus nantinya.

"Nanti 13 desa wisata baru ini akan mendapatkan Bangub, nilainya Rp 100 juta. Ini baru proses penyusunan pengajuaan," katanya.

Sementara itu, Desa Janggalan dan Kauman sebelumnya menggagas wisata heritage. Di Desa Janggalan, Pokdarwis menawarkan suguhan wisata bersejarah. Di antara lain, melihat rumah adat Kudus yang sudah berusia ratusan tahun.

Pokdarwis juga menawarkan kuliner khas desa tersebut, seperti pecel llithik, lele jenggolo, sego lodeh jenggolo, dan lapis jenggolo.

Di samping itu, Desa Janggalan memperkenalkan produk batik yang asli di buat di sana.

Desa Kauman sebelumnya juga sudah terkenal. Di sana terkenal dengan wisata religi yang ada makam Sunan Kudus. Selain itu, tradisi tabuh bedug dandhang dan kuliner jelang ramadan disajikan pada bulan ramadan tahun ini. 

(ks/gal/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya