alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Empat Orang Bersaing Jadi Cakades Kaliaman

10 Juni 2021, 09: 47: 44 WIB | editor : Ali Mustofa

PEMIMPIN BARU: Proses penghitungan suara pemilihan kepala desa pergantian antarwaktu di Desa Telukawur, Tahunan, belum lama ini. Desa Kaliaman akan menggelar kegiatan serupa.

PEMIMPIN BARU: Proses penghitungan suara pemilihan kepala desa pergantian antarwaktu di Desa Telukawur, Tahunan, belum lama ini. Desa Kaliaman akan menggelar kegiatan serupa. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Bakal calon kepala desa (kades) pergantian antar waktu (PAW) di Desa Kaliaman, Kembang, terisi empat orang. Terdiri dari tiga orang laki-laki dan seorang perempuan. Empat orang itu adalah Tohar, Masheru Hepnanto, Siti Munawaroh, dan Abdul Rouf.

Pendaftaran bakal calon kades PAW di Desa Kaliaman telah dibuka 25 Mei lalu dan ditutup kemarin malam.

”Hingga kemarin (Senin (7/6), Red) sudah ada empat pendaftar,” terang Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) Jepara melalui Kabid Bina Pemerintahan Desa Muh. Taufik.

Baca juga: Dinkes Grobogan Ungkap Okupansi Bed Pasien Turun Jadi 83 Persen

Semua prosesnya diatur oleh desa. Namun saat ini keempat orang tersebut belum ditetapkan sebagai calon kades PAW. Lantaran, masih tahap perbaikan persyaratan.

Para bakal calon kades PAW itu baru ditetapkan sebagai calon saat musyawarah desa (musdes) pendahuluan. Rencananya, 5 Juli mendatang. Sedangkan pemilihannya disebut musdes pelaksanaan. Rencananya digelar 8 Juli.

Dalam pemilihan kades PAW, minimal harus memiliki dua orang calon dan maksimalnya empat orang. Setelah ditetapkan sebagai calon kades PAW, mereka dilarang mengundurkan diri.

Di Desa Kaliaman saat ini tampuk kepemimpinannya dipegang penjabat (PJ) kepala desa. Sejak Maret lalu kadesnya meninggal dunia. Sedangkan masa jabatannya masih tersisa hingga tahun 2024.

”Desa Kaliaman menjadi desa ke Sembilan menggelar Pilkades PAW. Sebelumnya sudah ada beberapa desa gelar Pilkades PAW. Yang terbaru di Desa Tigajuru dan Telukawur,” papar Muh. Taufik. (rom)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP