alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Pati Kidul Ikuti Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

09 Juni 2021, 14: 30: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

DIEVALUASI: Kelurahan Pati Kidul akan dinilai tim dari Provinsi Jateng kemarin (8/6).

DIEVALUASI: Kelurahan Pati Kidul akan dinilai tim dari Provinsi Jateng kemarin (8/6). (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Kelurahan Pati Kidul mengikuti lomba kelurahan tingkat Provinsi se-Jawa Tengah. Ada beberapa bidang yang akan dinilai provinsi. 

Di antaranya, pendidikan, kesehatan masyarakat, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat. 

Tim penilai dari provinsi mendatangi kantor kelurahan Pati Kidul kemarin (8/6). Ini untuk menilai dan mengevaluasi kelurahan ini. 

Baca juga: SMKN 2 Rembang Didik Siswa Jadi Entrepreneur saat Pandemi

Tim penilai lomba kelurahan tingkat Jawa Tengah ini melakukan penilaian lapangan. Tim itu mengamati  beberapa tempat yang menjadi obyek penilaian. Salah satunya, menilai inovasi Bang Sampah Sumber Berkah di Desa Juwanalan dan Kranggan.

Sebelumnya, di Desa Juwanalan itu pernah mendapat penghargaan Proklim tingkat nasional. Selain itu, juara I Jawa Tengah untuk kampung hijau.

Ketua Tim Penjurian dari provinsi Joko Sulistiyono menambahkan,penilaian yang dilakukan dalam lomba kelurahan kali ini, dia menjelaskan, terbagi dalam beberapa aspek. Di antaranya bidang pemerintahan,  kewilayahan, dan kemasyarakatan.

Selain itu, pihaknya juga menilai dan mengevaluasi beberapa aspek dan indikator lain. Di antaranya, pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban.

”Penilaian kami akan terfokus pada dua tahun terakhir. Baik administrasi maupun tingkat perkembangan di Pati kidul pada 2019 dan 2020,” tandas dia.

Terkait perkembangan kelurahan, kata dia, harus diketahui siapapun. Seharusnya tingkat perkembangan desa mestinya di-update lima tahun sekali. Namun, di Jateng ini seolah-olah telah mati suri. Jadi harus dioptimalkan lagi. 

Dia menyebutkan, profil desa ini penting untuk mengetahui suatu keberhasilan setiap tahunnya. Baik dari swadaya menjadi swakarya dan swasembada. 

”Supaya kulurahan update data setiap tahun sebelum September. Profil ini gambaran menyeluruh kelurahan,” ungkap dia.

Sementara itu, Lurah Pati Kidul Prihadi Broto Pamungkas mengatakan, Pati Kidul mewakili Kabupaten Pati ditingkat provinsi. Ada beberapa indikator dalam penilaian ini. Di antaranya, pemerintahan, kesehatan masyarakat, dan indikator lainnya.

”Sebetulnya kami maju mewakili Pati. Semua aspek pemerintahan menjadi satu item penilaian,” katanya.

Dia mengaku, lomba kelurahan ini baru pertama kali mereka ikuti pada tingkat provinsi. Sebelumnya hanya lomba lingkungan hidup saja. Tapi kali ini mencakup semua aspek. 

”Pada 2018 lalu, Pati Kidul menjadi yang terbaik. Itu dalam lomba kelurahan bersih dan hijau (LKBH) tingkat Jawa Tengah. Ini hanya satu aspek saja,” imbuhnya. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya