alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Disdikpora Kudus: PPDB SMP-SD Masih Terapkan Zonasi

09 Juni 2021, 12: 31: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

Disdikpora Kudus: PPDB SMP-SD Masih Terapkan Zonasi

KUDUS – Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP dan SD diselenggarakan mulai 21 Juni 2021. Sistemnya masih zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Harjuna Widada mengatakan, teknis PPDB sebagian besar sama dengan tahun sebelumnya. Untuk SMP dijadwalan 21 Juni 2021 dan SD sepekan setelah PPDB SMP.

“Masih menggunakan sistem zonasi jarak rumah ke sekolahan. Untuk pendaftaran juga masih online. Khusus SD, memang belum bisa diterapkan offline. Tapi, nanti sistemnya diatur lagi, melihat kondisi di Kudus,” jelasnya.

Baca juga: Pendapatan Daerah Blora Mencapai 99,78 Persen

Harjuna mengatakan, calon peserta didik SMP cukup banyak. Jadi, kata dia, tidak memungkinkan jika digelar offline. Karena bisa memicu kerumunan massa. Makanya tahun ini tetap digelar online. Terlebih di era modern para calon peserta didik jenjang SMP dinilai cukup mahir mengoperasikan internet. Sehingga mampu melakukan pendaftaran secara online mandiri.

“Kalau SD paling yang daftar warga sekitar sekolah. Itu pun tidak banyak,” terangnya.

Kendati diperbolehkan secara offline, Harjuna telah berpesan kepada kepala SD untuk menggelar kegiatan PPDB dengan protokol kesehatan ketat.

“Yang datang (daftar sekolah) harus pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan kapasitasnya diperhatikan,” tuturnya.

Sementara itu, untuk vaksinisasi guru masih berlanjut. Harjuna mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus masih intens menggelar kegiatan vaksinasi pada guru.

“Lihat saja perkembangan Covid-19 di Kudus. Secara garis besar sama aturannya, tahun lalu juga sudah pandemi. Cuma kondisi saat ini berbeda, kami masih menunggu perbaikan Perbup atau revisi dari bagian hukum. Kalau ada tambahan atau diubah kami informasikan lagi,” jelasnya. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP