alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Desa Bangsri Dikucur Hibah Rp 500 Juta untuk Kembangkan Wisata

08 Juni 2021, 15: 30: 17 WIB | editor : Ali Mustofa

Desa Bangsri Dikucur Hibah Rp 500 Juta untuk Kembangkan Wisata

JEPARA – Desa/Kecamatan Bangsri baru saja mendapat dana hibah dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDT). Nilainya mencapai Rp 500 juta. Bantuan itu untuk pengembangan wisata di desa tersebut.

Di Jawa Tengah ada delapan desa yang memperoleh bantuan ini. Namun, di Jepara hanya Desa Bangsri. Syarat untuk memperoleh bantuan itu, peruntukkannya jelas. Juga dimanfaatkan di atas lahan milik desa. ”Selain itu, desa tersebut siap menerima bantuan,” terang Kepala Desa Bangsri Sunaryo.

Rencananya bantuan itu sudah proses pencairan. Paling lambat realisasinya Juli. Nantinya bantuan itu langsung masuk ke rekening desa.

Baca juga: Lasem Menuju Zona Hijau, Labelisasi Rumah Warga yang Isolasi Mandiri

Nantinya, di Desa Bangsri akan dibangung wisata air. Luas lokasinya sekitar 2.500 meter persegi. Letaknya tak jauh dari Lapangan Bangsri. Lokasi tersebut dipilih karena terdapat sumber mata air. Juga terdapat pepohonan rindang di sekeliling mata air. Masyarakat sekitar menyebut tempat itu Lembah Sumendung atau disingkat Mbah Mendung.

Sunaryo mengatakan, bantuan dari Kemendes PDT itu, akan dimanfaatkan untuk beberapa hal. Yaitu perbaikan akses, pembangunan gazebo, ruang ganti, toilet, dan panggung kesenian.

Ia menuturkan, bantuan itu diberikan untuk rintisan desa wisata dan desa wisata. Desa Bangsri sendiri, sebagai rintisan desa wisata. ”Saat ini Bangsri masih desa rintisan. Meski begitu, kami termasuk desa mandiri,” tuturnya.

Syarat memperoleh SK Desa Wisata, desa tersebut harus memiliki tempat wisata. Untuk itu, Sunaryo optimistis nantinya Bangsri bisa mengajukan diri sebagai desa wisata. Objek wisata di desanya bisa dikembangkan. Salah satunya di objek Mbah Mendung. ”Konsepnya nanti seperti Umbul Ponggok (di Kabupaten Klaten, Red) mini,” tuturnya. (rom)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP