alexametrics
Sabtu, 19 Jun 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Pati Masuk Nominasi Kabupaten Kreatif

04 Juni 2021, 16: 08: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

CIRI KHAS: Seni ketoprak yang lestari di Kabupaten Pati akan diproyeksikan dalam program kabupaten kreatif.

CIRI KHAS: Seni ketoprak yang lestari di Kabupaten Pati akan diproyeksikan dalam program kabupaten kreatif. (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Program kabupaten atau kota kreatif rencananya akan diuji tahun ini. Kabupaten Pati sendiri akan bersaing melawan Cilacap. Persaingan ini, diajang perebutan nama kabupaten kota kreatif. 

Tahun ini hanya ada dua kabupaten yang mengikuti program pemerintah pusat ini. Sedangkan di Jawa Tengah sendiri, saat ini sudah ada 14 kabupaten kota kreatif. 

14 kabupaten tersebut, sudah teruji Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Artinya sudah masuk ke jaringan ICCN (Indonesia Creatif Cities Network).

Baca juga: Tentara Bagi-Bagi Masker kepada Masyarakat untuk Cegah Covid-19

“Kabupaten kreatif ibarat ciri khas atau julukan dari tiap kabupaten. Misalnya, Kabupaten Banjarnegara itu Dawet Ayu, Pekalongan khasnya batik, dan Magelang ada kerajinan batu,” beber Ida Istiani, Kabid Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati. 

Kabupaten Pati ini ada kisaran 12 subsektor yang mengikuti. Di antaranya, seni, pariwisata, dan kuliner. “Nanti akan dikerucutkan. Fokus satu sektor,” paparnya.

Dia menambahkan, tahapannya mengisi borang (semacam instrumen pendaftaran). Ini merupakan penilaian mandiri kabupaten kota kreatif Indonesia (PMK3I).

Dalam rangka menuju kota kabupaten kreatif, pihaknya sudah mempersiapkan sejak tahun 2019. Pihaknya mangaku sudah melakukan proses sosialisasi hingga akhirnya mencapai tahap pengisian borang ini.

“Semoga Pati menjadi kabupaten kota kreatif di Jawa tengah yang ke 15,” harapnya. 

Pihaknya berharap pada tahun ini bisa dilakukan uji petik oleh Kemenparekraf. Sehingga Kabupaten Pati dapat menjadi Kabupaten Kota Kreatif di Jawa Tengah pada 2021. Dan hal tersebut sebagai penghargaan luar biasa bagi para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Pati.

Menurutnya, menuju kabupaten kreatif ini, semuanya harus bersinergi. Tak hanya pihaknya saja. Melainkan dukungan berbagai OPD.

"Ada dari temen-temen OPD dari BAPPEDA, Koperasi, Indag dari bagian perekonomian juga BPKAD. Kami berharap dengan dukungan pemerintah dalam hal ini OPD-OPD terkait juga akan menentukan. Ini sampai kami nanti berhasil mendapatkan predikat kabupaten kota kreatif," pungkasnya. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya