alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Sumani, Tersangka Kasus Pembunuhan Sekelurga Tak Dihadirkan di Sidang

31 Mei 2021, 14: 18: 40 WIB | editor : Ali Mustofa

Sumani

Sumani (DOK RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Tersangka kasus pembunuhan satu keluarga di Desa Turusgede akan diadili Rabu (21/5). Karena pandemi, tersangka tidak dihadirkan langsung di ruang sidang.

Saat ini berkas pria bernama Sumani itu sudah dilimpahkan ke pengadilan.

”Perkara sudah kami limpahkan ke pengadilan, sidang pertama sesuai penetapan hakim hari Rabu (21/5),” kata Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Rembang Eko Hartoyo.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Ruang Isolasi Aman

Dari website resmi PN Rembang disebutkan bahwa perkara ini sudah teregister dengan nomor perkara 49/Pid.B/2021/PN Rembang, jenis perkara kejahatan terhadap nyawa. Sidang pertama rencananya dilaksanakan pada pukul 10.00 lusa atau Rabu (2/5).

Berkas perkara Sumani dinyatakan lengkap 10/5 lalu. Setelah P2, kewenangan sudah beralih kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU). Untuk selanjutnya akan dilimpahkan ke pengadilan agar bisa segera disidangkan. Saat itu sudah ada serah terima tersangka dan barang bukti. Serta berkas-berkas juga sudah diserahkan kepada kejaksaan.

Dan, tersangka pembunuhan dengan empat korban tersebut pun mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rembang. Dia menyampaikan saat ini perkara sudah dilimpahkan kepada Pengadilan Negeri (PN) Rembang. Sidang perdana akan dilaksanakan lusa.

Diberitakan sebelumnya, atas tindakannya tersebut Sumani bisa terancam hukuman mati. ”Karena pandemi tidak dihadirkan,” imbuhnya.

Disinggung terkait tuntutan, Eko menjelaskan, pihaknya akan melihat fakta persidangan nanti. Dan akan berusaha seoptimal mungkin untuk membuktikan dakwaan dan ancaman hukuman terberat.

”Pembacaan tuntutan masih lama. Kami lihat fakta persidangan, tentunya kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk membuktikan pasal dakwaan yang ancamannya paling berat. Mohon doanya semua berjalan lancar,” tuturnya. 

(ks/vah/zen/top/JPR)

 TOP