alexametrics
Selasa, 27 Jul 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Tongkrongan Jadi Sumber Pendapatan

27 Mei 2021, 20: 39: 52 WIB | editor : Ali Mustofa

Rosa Hestiana

Rosa Hestiana (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

GEMERICIK air terdengar dari pantry Na­tu­ral Coffeeshop milik Rosa Hestiana. Ia sendiri yang jadi barista. Dibantu juga dua barista lain.

Racikan kopi yang dibuat itu, lalu disuguhkan kepada pem­beli. Senyum dan sapa me­ngiringi seduhan kopi espresso itu. ”Silakan, Kak,” sapanya ke­pala pembeli.

Gadis kelahiran 22 tahun la­lu itu, memulai bis­nis coffee shop dari hobi. Bersama te­man-te­mannya, Rosa -sapaan akrabnya- memang suka nongkrong di warung kopi kekinian. Dari kedai kopi ke kedai lain. ”Suka kopi juga sih,” ujarnya.

Baca juga: Satu RT di Jepara Di-Lockdown untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

Rosa melihat ada peluang bisnis di situ. Apalagi setahun lalu kedai kopi sedang digandrungi anak muda Jepara. Hal inilah yang mendorong ketertarikannya pa­da dunia usaha kopi.

Sayangnya, beberapa bulan setelah buka, pandemi melanda. Pembatasan kegiatan masya­rakat di mana-mana. Tapi hingga setahun lamanya, selama pandemi ia masih bisa bertahan. ”Kun­cinya ada di inovasi rasa dan pelayanan,” terangnya.

Menurutnya, sikap dan tindakan terhadap pelanggan adalah kunci bagaimana usaha  bisa ber­kelanjutan dan bertahan. Ja­di, harus kreatif dan ulet.

Dia punya pesan bagi generasi mu­da, agar tidak takut untuk me­mulai usaha. ”Ada satu pepatah yang saat ini saya percayai: te­ruslah berlari mengejar cita-­ci­ta­mu, hingga orang-orang yang meng­anggapmu remeh pada ma­sanya akan memberikan te­puk tangan penghormatan,” tan­dasnya.

(ks/lin/war/top/JPR)

 TOP