alexametrics
Selasa, 27 Jul 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

PMI Pati Kuwalahan Layani Permintaan Plasma Konvalesen

11 Mei 2021, 10: 58: 35 WIB | editor : Ali Mustofa

Syafaati, Humas UDD PMI Pati

Syafaati, Humas UDD PMI Pati (ACHMAD ULIL ALBAB/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Pati kuwalahan melayani permintaan donor plasma konvalesen dari pasien Covid-19 yang sedang dirawat di rumah sakit. Hal ini karena minimnya penyintas Covid-19 yang bersedia dan layak untuk mendonorkan darahnya.

Hal tersebut diungkapkan Humas UDD PMI Pati Syafaati. Dari data yang dihimpunnya sejak bulan Januari tahun 2021 hingga sekarang hanya ada 19 pendonor saja. Meski PMI Pati sanggup untuk mengambil donor darah plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien covid-19 dalam jumlah banyak. Namun hingga saat ini masih sedikit penyintas covid yang bersedia  donor darah.

“Padahal permintaannya banyak. Kami tidak punya data penyintas, karena dari rumah sakit yang merawat pasien juga terbentur kode etik yang tidak bisa memberikan akses data ke PMI. Apalagi donor ini kan sifatnya sukarela saja,” papar Syafaati.

Baca juga: Rekomendasi Wabup Jepara Dikirim, Tunggu Hasil Rapim Dewan

Lebih lanjut, Syafaati menjelaskan, pihaknya memang tidak menyediakan stok atau persediaan plasma konvalesen. Karena proses donor ini cukup panjang dan rumit. “Setelah didonorkan harus segera disalurkan kepada pasien yang membutuhkan yang sedang dirawat. Namun kami menegaskan sepanjang ada pendonor atau sukarelawan, PMI Pati siap untuk memeberikan pelayanan pengambilan donor darah plasma konvalesen ini,” paparnya.

Untuk diketahui, terapi plasma konvalesen menjadi salah satu harapan bagi pasien Covid-19 untuk sembuh. Sesuai namanya, terapi ini dilakukan dengan memberikan plasma, yaitu bagian dari darah yang mengandung antibodi dari orang-orang yang telah sembuh dari COVID-19. Para penyintas Covid-19 ini bisa menjadi donor plasma konvalesen dengan menjalani sejumlah pemeriksaan dan memenuhi persyaratan. 

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP