alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

56 Warga Positif Covid-19, Perumahan RSS Sidokerto Pati Lockdown

11 Mei 2021, 10: 37: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

DITES: Warga perumahan RSS Sidokerto di-swab antigent baru-baru ini.

DITES: Warga perumahan RSS Sidokerto di-swab antigent baru-baru ini. (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Perumahan RSS Sidokerto, Pati Kota, di-lockdown selama enam hari. Mulai kemarin. Ini dikarenakan adanya 56 warga yang terpapar Covid-19.

Ini dipertegas dengan Surat Edaran Bupati Pati Nomor 440/2240 yang ditandatangani kemarin (10/5). Dalam surat itu, Bupati Pati Haryanto memerintahkan Satpol PP bekerja sama dengan Polres Pati, camat Pati Kota, serta pemerintah desa setempat. Untuk melakukan pembatasan kepada warga yang keluar masuk perumahan tersebut.

”Betul ada pembatasan kegiatan masyarakat keluar masuk perumahan RSS selama enam hari. Ya, nanti setelah enam hari dievaluasi lagi,” kata Bupati Pati Haryanto.

Baca juga: THR ASN hingga Bupati Blora Telan Anggaran Rp 37,8 Miliar

Pihaknya meminta camat dan pemerintah desa untuk melakukan sosialisasi dan mengimbau kepada warga RSS Sidokerto. Sosialisasi itu, untuk menjalani isolasi mandiri dan dilarang beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, menyerukan masyarakat untuk tidak melakukan ibadah di tempat ibadah. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk beribadah di rumah masing-masing. ”Kami meminta pengurus dan pengelola tempat ibadah di RSS Sidokerto untuk menutup selama enam hari untuk disemprot disinfektan,” ujarnya.

Posko Desa, Satgas Jogo Tonggo, serta Unit Kerja Lengkap (UKL) Obor Bumi juga diminta untuk aktif berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Forkompimcam, Linmas, PKK, LPMD, karang taruna, dan relawan desa untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Ia juga meminta Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati untuk terus memantau kesehatan warga Perumahan RSS Sidokerto yang menjalani isolasi mandiri. ”Agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Camat Pati Kota Didik Rusdiartono mengatakan, hingga kemarin ada 56 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. ”Ada yang isolasi di rumah sakit. Ada juga yang isolasi mandiri di rumah,” ungkapnya.

Untuk kebutuhan warga Perumahan RSS Sidokerto ada distribusi bantuan setiap harinya. ”Ada bantuan sembako untuk warga dari berbagai pihak, selama akses perumahan ditutup sementara. Selain makanan, juga didistribusikan berbagai macam obat-obatan dari Dinkes dan puskesmas setempat,” jelasnya.

Ditambahkan, dalam waktu dekat pihaknya bakal menggelar kembali tes swab PCR kepada warga. Rencananya lima hari lagi akan diadakan tes antigen di perumahan itu. Kisaran 200 warga yang akan dites. (adr)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya