alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Baca Karya Sastrawan Dunia

10 Mei 2021, 09: 27: 02 WIB | editor : Ali Mustofa

Fitri Ulya Dewi

Fitri Ulya Dewi (DOK. PRIBADI)

Share this      

KEGEMARANNYA membaca karya sastra sudah muncul sejak duduk di bangku MAN 1 Grobogan. Itu membuat Fitri Ulya Dewi sedikit banyak tahu sastrawan dunia. Antara lain Haruki Murakami asal Jepang.

”Membaca karya penulis yang punya prestasi internasional membuat mata semakin terbuka, bahwa dunia memang begitu warna-warni,” kata Fitri -sapannya.

Meski menyukai karya penulis dunia, namun Fitri juga menggemari sastrawan dalam negeri. Sebut saja Puthut Ea, Pramoedya Ananta Toer, Eka Kurniawan, dan Ayu Utami. Karya budayawan semacam Sujiwo Tejo atau Emha Ainun Nadjib juga turut dilahapnya.

Baca juga: Lebih Pilih Menahan Sakit

Tidak hanya membaca, Fitri juga sebenarnya gemar menulis. Terutama saat masih tergabung di lembaga pers mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

”Kadang menulis sastra, feature, atau opini,” kata perempuan yang tinggal di Desa Plosorejo, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, itu.

Fitri mengaku suka menulis karena dia berada di lingkaran pertemanan yang juga suka menulis dan membaca. Bahkan, juga sering berbagi tulisan dan bacaannya dengan diskusi kecil bersama rekan-rekannya yang punya hobi serupa.

Kini, diakuinya dia cukup kesulitan menyisihkan tenaga untuk kembali menulis. Sebab, kesibukannya mengajar di bimbingan belajar dan Taman Pendidikan Quran (TPA) sudah cukup menyita waktu.

”Sekarang lebih ke mengikuti kajian-kajian kebudayaan di Youtube. Nanti semoga bisa menulis lagi,” kata Fitri. 

(ks/ful/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya