alexametrics
Rabu, 23 Jun 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Tradisi Larung Kepala Kerbau di Jepara Tetap Digelar Meski Terbatas

07 Mei 2021, 14: 34: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

RAMAI: Prosesi larung kepala kerbau sebelum pandemi dua tahun lalu. Tahun ini sama seperti tahun kemarin. Larung kepala kerbau digelar terbatas.

RAMAI: Prosesi larung kepala kerbau sebelum pandemi dua tahun lalu. Tahun ini sama seperti tahun kemarin. Larung kepala kerbau digelar terbatas. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Gebyar Pesta Lomban tahun ini kembali tak dapat dijumpai seperti tahun kemarin. Hanya ada larungan kepala kerbau. Itu pun terbatas. Sementara selama pekan Syawalan seluruh objek wisata ditutup.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Lestiaza menjelaskan kondisi pandemi belum memungkinkan untuk menggelar pesta lomban secara besar-besarn. Yang dapat menimbulkan kerumunan.  Sehingga prosesi sedekah laut digelar sederhana, terbatas, dan tertutup. Sementara rangakain pesta lomban seperti festival ketupat dan pementasan tara-tarian ditiadakan.

Hanya ada satu kapal nelayan yang melarung sedekah laut kepala kerbau. Melibatkan Pemerintah Kelurahan Bulu dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara. ”Ya memang karena terbatas,” ujarnya.

Baca juga: Komisi B DPRD Jepara Dorong Peningkatan Program Budidaya Perikanan

Sebelum pandemi, setiap tahun tepatnya sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri, para nelayan dan masyarakat pesisir, terutama masyarakat Kelurahan Ujungbatu, selalu menggelar budaya khas Jepara itu. Bukan hanya pemerintah desa dan masyarakat setempat, Pemkab Jepara dan sebagian masyarakat Jepara ikut memeriahkan. Bahkan menjadi daya Tarik wisatawan dari luar daerah.

Rangkaian pecan syawalan tahun ini dimulai 19 Mei dengan ziarah ke makam Cik Lanang dilanjutkan ke makam Mbah Ronggo. Kemudian ada pementasan wayang kulit secara simbolis di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu. Puncaknya 20 Mei larungan kepala kerbau.  

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP