alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Triwulan Satu, PAD Kabupaten Pati Sebesar 24 Persen

04 Mei 2021, 16: 45: 03 WIB | editor : Ali Mustofa

Triwulan Satu, PAD Kabupaten Pati Sebesar 24 Persen

PATI – Pendapatan Asli Daerah (PAD) triwulan I Kabupaten Pati sebesar 24,69 persen. Itu sudah mencakup rupiah sebanyak 76,6 miliar.

Ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati Turi Atmoko. Target PAD untuk setahun sebanyak Rp 340 miliar.

Pendapatan sebesar itu, diantaranya berasal dari deviden berasal dari penerangan jalan dan Bank Jateng. Dia menyebutkan, laba dari bank itu ditargetkan sebesar Rp 21 miliar.

Baca juga: Puluhan Warga Sembuh dari Covid-19, Desa Kuryokalangan Kembali Normal

”Targetnya tembus Rp 21,9 miliar. Tapi bayarnya saat ini belum komplet. Yaitu, Rp 15 miliar. Sisanya triwulan III akan dibayar,” ungkapnya.

Semoga, harap dia, bisa tembus itu. Selain itu, di perubahan pihaknya akan menaikkannya lagi. ”Rencananya Juni akan menyusun rancangan. Kemudian evaluasi RKPD, lanjut perubahannya. Penetapannya September,” imbuhnya.

Menurutnya, ada beberapa pajak daerah tersebut memang ada yang rendah. Ini disebabkan adanya pandemi covid – 19. Saat ini pajak hiburan mencapai kisaran 10 persen. Ini karena beberapa tempat hiburan belum beroperasi.

Sedangkan untuk realisasi PBB – P2, telah tercatat dua kecamatan di Kabupaten Pati yang mencapai 100 persen sampai dengan triwulan I yaitu Kecamatan Winong dan Gembong.

Sementara, Bupati Pati Haryanto dalam pembahasan tersebut mengatakan memang ada sejumlah pajak yang terhambat lantaran dampak pandemi Covid – 19. Namun, hal tersebut tidak semestinya menjadi alasan terdapat beberapa pajak yang realisasinya tergolong rendah.

“Kan kita sudah ada Perbup Nomor 66 tahun 2020 yang mana dengan kebijakan ini, segala aktivitas masyarakat tetap dapat dilaksanakan namun dengan batasan – batasan. Dan sampai saat ini, seperti perhotelan dan restoran masih jalan. Meskipun untuk hiburan memang belum,” jelas dia.

Bupati pun mengimbau kepada instansi maupun dinas terkait agar mampu mendongkrak pajak di triwulan – triwulan selanjutnya agar mencapai target kinerja diatas 75 persen. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP