alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Siswa yang Lolos PTN Naik 100 Persen

04 Mei 2021, 15: 26: 14 WIB | editor : Ali Mustofa

TERBAIK: Kepala SMAN 1 Lasem Santosa mewisuda murid-murid terbaiknya kemarin. Kegiatan digelar dengan prokes ketat.

TERBAIK: Kepala SMAN 1 Lasem Santosa mewisuda murid-murid terbaiknya kemarin. Kegiatan digelar dengan prokes ketat. (VACHRI RINALDY L/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, – SMAN 1 Lasem sudah 36 kali mengantarkan anak didiknya menuju babak baru kehidupan. Kemarin 322 siswa diwisuda. Jumlah siswa yang melanjutkan studi pun mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya.

Kepala SMAN 1 Lasem Santosa menyampaukan wisuda ke 36 SMAN 1 Lasem kemarin merupakan acara wisuda purnawiata perdana yang digelar secara daring. Mau tidak mau, kata Santosa, protokol semacam ini harus dijalani. Sehingga dalam prosesi kemarin, peserta yang hadir tidak di dalam aula dan tak lebih dari 25 persen dari daya tampung gedung. ”Untuk menjaga kesehatan kita semua,” katanya.

Santosa menyampaikan, dalam setahun terakhir pelajaran di SMAN 1 Lasem masih dilaksanakan secara daring. Meski demikian pihaknya tetap optimistis dan berharap agar anak-anak didiknya kelak bisa sukses dengan tolok ukur yang berbeda. ”Sesuai dengan minat dan baka masing-masing,” ungkapnya.

Baca juga: Dinas Kesehatan Blora Temukan Krupuk Positif Rhodamin di Pasar

Menurutnya, ada satu  kunci kesuksesan. Apapun profesi dan pekerjaannya, kunci tersebut wajib harus melakat pada diri.

Kunci sukses itu, lanjut Santosa, adalah sikap. Bukan hanya kepandaian dan ketrampilan, tetapi juga harus dibarengi dengan karakter yang baik. Setelah di wisuda, pihaknya meminta agar anak-anak SMAN 1 Lasem memegang tegus kunci sukses tersebut.

Di sisi lain, tahun ini, SMAN 1 Lasem mmengalami kenaikan jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi. Baik negeri, swasta, dan sekolah kedinasan. Totalnya 53 siswa yang sudah terkonfirmasi lolos Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa tes.

Angka tersebut naik drastis jika dibanding tahun lalu yang berjumlah sekitar 20 siswa. Artinya, kenaikan itu lebih dari 100 persen. Prodi yang dipilih para siswa juga tak sembarangan. Yakni, jurusan jurusan yang cukup diperhitungkan dengan jumlah pesaing yang ketat. ”Selamat juga buat kalian yang sudah diterima mendapatkan pekerjaan,” jelasnya.

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP