alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Pendaftaran Peserta Didik Baru Digelar Serentak di 61 SMP dan 374 SD

04 Mei 2021, 15: 20: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

CEK PENGUMUMAN: Seorang siswa bersama ibunya menunggu pengumuman PPDB SMP kemarin. Tak Ada Antrean dan Rebutan Kursi

CEK PENGUMUMAN: Seorang siswa bersama ibunya menunggu pengumuman PPDB SMP kemarin. Tak Ada Antrean dan Rebutan Kursi (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SD/SMP digelar serentak di Kabupaten Rembang. Rinciannya SMP 61 sekolah dan 374 SD. Untuk masa pendaftaran dibuka tiga hari ke depan atau hingga Rabu mendatang (5/5). Pantaun Jawa Pos Radar Kudus PPDB hari pertama berjalan lancar. Terpantau sekolah-sekolah di kota tidak ada antre mengular dan rebutan kursi seperti tahun sebelumnya. Mereka datang sesuai jadwal buka pukul 08.00 sampai 12.00.

Ini terlihat di SMPN 2 Rembang. Sekolah dengan kuota 288 kursi untuk sembilan rombongaan belajar (rombel). Disana dibuat sembilan loket. Sehingga prokes bisa berjalan.

“Satu ruang kapasitas 32 untuk yang masuk dibagi dua sif. Tujuan agar tidak ada kerumunan. Beda jika tidak pandemi biasanya tiga loket cukup. Namun di lapangan sekitar pukul 09.00 setiap ruang masih longgar,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 2 Rembang Nur Hasan.

Baca juga: Pendidikan dan Kesehatan Jadi Program Prioritas dalam Rapat Paripurna

Soal kebiasaan mengantre sejak subuh menurut Hasan sudah tak ada lagi. Karena PPDB bukan urusan cepat-cepatan. Sebab cepat, tak menjamin diterima.”Terpenting penuhi syarat apakah masuk zonasi, afirmasi, mutasi atau prestasi. Sesuai juknis dinas pendidikan,” keteranganya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang melihat langsung pelaksanaan PPDB. Fokus monitoring dilakukan di SMP besar. Karena rombel yang diterima banyak. Sehingga prokes harus benar-benar dijalankan.

”Insya’allah tidak terjadi penumpukan siswa,” ungkap Kabid Pembinaan SMP pada Dindikpora Rembang Lilik Murdiatno selepas monitoring kemarin.

Pelaksanaan PPDB ada sedikit kebijakan berbeda. Pertama jalur afirmasi. Dari dalam zonasi sebesar 13 persen, luar zonasi 2 persen. Satu lagi jalur prestasi. Ada dua peringkat I, II dan III, paralel di SD asal dibuktikan surat kepala sekolah. Kedua yang memiliki piagam penghargaan sesuai lomba yang ditetapkan dinas pendidikan. Untuk zonasi minimal 50 persen. 

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP