alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Tiga Nama Cawabup Jepara Dikirim ke Bupati, Ini Nama-namanya

DPC PDIP Tunggu Tanggapan DPRD Jepara

04 Mei 2021, 10: 39: 49 WIB | editor : Ali Mustofa

Andang Wahyu Triyanto (kiri) dan Junarso (kanan)

Andang Wahyu Triyanto (kiri) dan Junarso (kanan) (KHORIUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Pengisian kekosongan wakil bupati Jepara mulai masuki tahapan rekomendasi. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Jepara telah memasukkan tiga nama ke bupati Jepara. Selanjutnya tiga nama itu diminta segera diusulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara untuk proses pengisian kekosongan wabup.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jepara Junarso membenarkan pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi tiga nama. Sebelumnya, ketiga calon sudah dipanggil DPC. Yakni Siti Aizatin, Andi Rokhmat, dan Mulyaji. Pemanggilan secara terpisah dengan hari yang berbeda. ”Iya betul sudah kami kirim rekomendasinya,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara Edi Ariyanto mengatakan saat pemanggilan, ketiganya ditanya soal kesiapan dan komitmen dengan partai. Juga persiapan masing-masing calon pada proses pengisian wabup. ”Kami harus memastikan mereka harus siap tegak lurus dengan partai. Meski salah satu di antaranya belum memiliki kartu tanda anggota. Pak Mulyaji," tuturnya.

Baca juga: Gambare E-Tilang Tambah Cetho

Setelah ketiganya dinyatakan siap, DPC telah memasukkan surat ke Bupati Jepara Dian Kristiandi berisi tiga nama yang direkom. Selanjutnya bupati menyurati DPRD Jepara soal permohonan pengisian wabup beserta tiga nama itu. ”Sudah. Surat sudah masuk,” terang sosok yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan Jepara itu.

Jika nanti sudah masuk ke dewan, pihaknya menunggu tanggapan dari hasil rapat pimpinan dewan. Apakah disetujui atau ditolak. ”Memang secara regulasi yang dibutuhkan dua nama saja,” katanya.

Jika rekom itu ditolak, pihaknya akan menyurati DPP dan DPD. Agar rekomendasi tiga nama dikerucutkan dua nama. Keputusan itu menunggu kebijakan pusat. ”Apakah nanti langsung ditentukan atau dikembalikan lagi ke DPC kami belum tahu. Ikuti saja tahapannya. Yang pasti kami tetap tegak lurus dengan keputusan partai,” tandasnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara Andang Wahyu Triyanto menegaskan proses dapat tidaknya cawabup saat ini ada tangan bupati. Cepat tidaknya respon dewan tergantung penyampaian rekomendasi partai oleh bupati kepada dewan. Pasalnya dewan baru akan menindaklanjuti rekom itu setelah menerima surat dari bupati.

”Dewan sudah kami kirim tapi sifatnya tembusan. Kalau sesuai regulasi, rekom kan dari partai diusulkan ke dewan melalui bupati,” terangnya.

Pihaknya masih menunggu proses itu. Surat rekomendasi akan diberi surat balasan dari dewan terkait tanggapan dan tahapan selanjutnya. Pihaknya akan menindaklanjuti tanggapan dewan itu. ”Kami masih menunggu seperti apa nanti tanggapannya. Kemudian apa yang harus kami lakukan juga tergantung tanggapan itu,” imbuhnya. 

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP