alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

September Izin Tak Turun, Seleksi Sekda Rembang Bakal Digelar Mandiri

03 Mei 2021, 16: 58: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

September Izin Tak Turun, Seleksi Sekda Rembang Bakal Digelar Mandiri

REMBANG - Dinamika Pengisian Sekertaris Daerah (Sekda) Rembang sudah muncul. Namun izin dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) tak kunjung turun. Apabila sampai September masih belum ada izin, maka pemkab sudah bisa melaksanakan proses seleksi sekda secara mandiri.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rembang Suparmin menyampaikan, pihaknya masih belum bisa memperkirakan kapan surat izin dari Kemendagri itu turun. Rembang sendiri sudah mengajukan ke Jakarta. Terkait izin tersebut pihaknya menyerahkan kepada Kemendagri.

“Itu tergantung ranah Kemendagri turunnya kapan,” katanya.

Baca juga: Pembangunan Jalan Kabupaten Grobogan Digelontor Rp 49,8 Miliar

Meski demikian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang masih tetap bisa melaksanakan seleksi meskipun tanpa izin dari Kemendagri. Tetapi harus menunggu setidaknya sampai bulan September terlebih dahulu.

Suparmin menjelaskan, bupati genap menjabat enam bulan pada 27 Agustur. Apabila sampai 27 Agustus surat dari kemendagri tersebut belum juga turun, lanjut Suparmin, maka Bupati tak perlu izin lagi untuk melaksanakan rekrutmen sekda definitif. Pemkab bisa membentuk panitia seleksi (pansel) untuk melaksanakan seleksi pemilihan Sekda Definitif.

“Langsung bentuk tim pansel sendiri. Karena sudah enam bulan kan (sejak dilantik,Red),” imbuhnya.

Baru-baru ini, dinamika seleksi Sekda sudah nampak. Muncul poling tentang popularitas bakal calon (balon) atau para pihak yang berpotensi mendaftar. BKD sendiri menegaskan, bahwa poling tersebut tak resmi. Dan tak termasuk dalam teknis sekelsi.

Poling tersebut berisi sepuluh nama. Diantaranya ada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Rembang Mardi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Rembang Ali Syofi'i, hingga Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenaga Kerjaan (DPMPTSP Naker) Rembang Teguh Gunawarman.

Nama-nama yang ada dalam poling tersebut memang layak sesuai dengan syarat dan ketentuan seleksi sekda. Namun, BKD sendiri tak tahu siapa yang membuat poling tersebut. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP