alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Hardiknas Jadi Semangat Guru Menulis

03 Mei 2021, 14: 44: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

MOTIVASI: Puluhan guru di Rembang antusias mengikuti pelatihan guru menulis tahap VI kemarin.

MOTIVASI: Puluhan guru di Rembang antusias mengikuti pelatihan guru menulis tahap VI kemarin. (ALI MAHMUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, - Jawa Pos Radar Kudus dan Pegiat Literasi Rembang bekerja sama dengan IGI Rembang dan Dindikpora Rembang kembali menggelar Pelatihan Artikel Ilmiah Populer angkatan VI kemarin. Even ini sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kemarin.

Kegiatan secara virtual itu, dibuka oleh Ketua Ikatan Pegiat Literasi Rembang Khoironi di Kantor Jawa Pos Radar Kudus Biro Rembang. Kohironi menuturkan, kegiatan pelatihan pada bulan Ramadan akan dapat menambah amalan baik bagi yang melaksanakan. “Guru Menulis yang sudah berlangsung selama 6 tahap ini, dapat membantu guru-guru di Rembang untuk kenaikan pangkat sekaligus menulis ide-ide cemerlangnya dalam pembelajaran,” kata Kepala SMPN 1 Kaliori itu.

Ya, kegiatan Guru Menulis sudah merambah enam Kabupaten. Mulai dari Rembang, Kudus, Pati, Blora, Jepara dan Grobogan.

Baca juga: 35 Sembuh, Empat Masih Dirawat

Dari laporan PISA, menyebutkan, penyebab rendahnya kualitas guru dan disparitas mutu pendidikan di Indonesia diduga karena buruknya kemampuan literasi siswa secara umum.

Melalui kegiatan Guru Menulis diharapkan bisa menjadi implementasi dari program Gerakan Literasi Nasional. Hal ini dimaksudkan untuk menggaungkan kegiatan literasi. “Ini juga sekaligus memperingati Hardinikas. Kami berharap para guru tetap semangat,” imbuhnya.

Pelatihan Artikel tahap VI juga dihadiri Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Kudus Zainal Abidin. Zainal memaparkan konsep Menulis Artikel di Media Massa.

Tulisan ilmiah populer, kata Zainal, bisa berasal hasil penelitian, tulisan lepas, dan pengalaman kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengupas tuntas suatu masalah tertentu, aktual, lugas, singkat, padat, dapat mempengaruhi khalayak, dan berdasarkan fakta. Dia juga memberikan materi cara menyusun outline, memilih topik, angle, hingga mengutip referensi beserta cara menulis. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP