alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Diiringi Musik dari Siswa SLB

03 Mei 2021, 09: 07: 16 WIB | editor : Ali Mustofa

Amel Meilana

Amel Meilana (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

SEJAK belum lulus SMA, Amel Meilana sudah mengajar sekolah untuk mereka yang ”luar biasa” atau berkebutuhan khusus. Ya, gadis yang berulang tahun tiap 5 Mei itu mengaku belajar banyak karakter dari aktivitasnya mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) di Jepon.

Amel-panggilannya, mengaku punya beberapa momen menarik selama mengajar para siswa SLB. Salah satunya adanya siswa yang terkendala penglihatan, tapi bisa main keyboard. Sebagai guru seni, tentu Amel tak jarang tampil di panggung. Dan, sang siswa itulah yang mengiringinya bernyanyi.

”Setia pada event seperti kemah pramuka atau ketika di pendapa hari peringatan nasional seperti 17Agustusan atau apa begitu, dia ikut tampil. Nyanyi sama main keyboard,” tutur Amel.

Baca juga: Hebat! Santri Ternak 22 Ribu Ekor Ayam Boiler

Terkadang, kata mahasiswi semester akhir Jurusan Pendidikan Agama Islam di STAI Muhammadiyah Blora itu, dirinya juga sering duet saat ada hajatan di rumah warga. Jadi, murid dan guru tampil dalam satu panggung.

Menurut Amel, mengajar siswa SLB tentu butuh kesebaran ekstra. Sebab, mereka datang dari berbagai latar belakang yang mesti dipahami. Hal itu pula yang membuatnya menjadikan mereka sebagai berbagai kisah.

Ya, Amel yang juga penggemar sastra itu sering memasukkan karakter para siswa yang diajarnya ke dalam cerita. Kalau beruntung, karyanya bisa mendapat yang terbaik di antara naskah lain. Bila tak nyangkut di daftar terbaik pun, setidaknya dia sudah belajar banyak dari para siswanya itu. 

(ks/ful/zen/top/JPR)

 TOP