alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Tingkatkan SDM, Pramuka Rembang Bidik Seribu Pembina Bersertifikat

02 Mei 2021, 10: 47: 25 WIB | editor : Ali Mustofa

REMBUKAN: Para jajaran pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Rembang mengadakan rapat koordinasi di Kantor Sekretariat Pramuka.

REMBUKAN: Para jajaran pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Rembang mengadakan rapat koordinasi di Kantor Sekretariat Pramuka. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Rembang akan membidik seribu pelatih. Mereka akan diikutkan pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD) agar menjadi pembina bersertifikat.

Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Rembang Nur Rofik menyampaikan, sudah ada program kwarcab yang baru. Yakni pada 2021 rencananya akan ada beberapa kegiatan. Di antaranya pemberdayaan pelatih dan pembina Pramuka. Dan, di Rembang ini untuk pelatih menurutnya masih kurang.

 Apabila pelatih sudah terbentuk dengan jumlah yang sudah sesuai, pihaknya berharap pembina Pramuka yang ada di Kwarcab mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD).

Baca juga: Kasat Lantas Ikut Rasakan Kesedihan atas Tenggelamnya KRI Nanggala-402

“Dalam waktu dekat target kami bisa ada 100 pelatih yang akan memberi pelatihan kursus kepada minimal periode kami 1.000 pembina yang belum KMD,” katanya.

Setelah itu, diharapkan bisa ditingkatkan pada kursus pembina mahir lanjutan dan seterusnya. Paling tidak, lanjut dia, dalam pembinaan kepada anak-anak nantinya bisa terarah. Sesuai dengan undang-undang gerakan Pramuka dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Itu yang kami harapkan. Mudah-mudahan dengan adanya kebersamaan semua mendukung dari Kwaran, pembina, pelatih bersama-sama bergerak untuk mewujudkan itu semua,” imbuhnya.

Untuk teknisnya, sudah ada tata caranya. Pihaknya akan berkoordinasi kepada semua pihak terutama di gugus depan (Gudep). “Kwaran sebagai media untuk memfasilitasi kegiatan itu,” katanya.

Saat ini masih tahap pendataan potensi yang ada di Kwaran. Setelah pendataan akan melaksanakan kegiatan pelatihan pembina mahir dasar. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP