alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Pembayaran THR Karyawan di Jepara Tak Boleh Dicicil

01 Mei 2021, 23: 36: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

Pembayaran THR Karyawan di Jepara Tak Boleh Dicicil

JEPARA – Pembayaran tunjangan hari raya (THR) di Jepara tidak boleh dicicil. Selain itu, pembayarannya paling lama maksimal 7 hari sebelum lebaran. Itu menyusul Surat Edaran Kementrian Tenaga Kerja RI tahun 2021 tentang pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan wajib diberikan bagi para pekerja.

Sebab itu, Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DinkopUKMnakertrans) Jepara mengawasi perusahaan terkait pemberian THR kepada pekerjanya. Pengawasan tersebut dilakukan dalam dua tahap. Yakni sebelum lebaran hingga dua bulan setelah lebaran.

Itu dilakukan untuk antisipasi adanya perusahaan yang tidak memberikan hak THR kepada pekerjanya. Pekan ini telah dilakukan monitoring di beberapa perusahaan. ”Sampling. Kami ambil beberapa perusahaan dari perusahaan furniture, garmen dan sepatu. Hasilnya bagus, sudah ada jadwal pemberiannya,” papar Eko Sulistiyono, Kabid Tenaga Kerja DinkopUKMnakertrans Jepara.

Baca juga: Nama Sirkuit Rakashima Bangkitkan Gairah Dunia Otomotif Jepara

Namun, untuk saat ini belum ada satupun perusahaan membayarkan THR bagi karyawannya. Ia memperkirakan pembayarannya kan dimulai pekan depan. Hingga batas waktu pemberian THR. Yakni tujuh hari sebelum lebaran.

Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DinkopUKMnakertrans) Jepara membuka posko aduan bagi karyawan yang mengalami permasalahan terkait THR. Selain datang ke posko, karyawan yang memiliki masalah dalam pembayaran THRnya bisa melaporkannya secara online. Lewat laman aplikasi emediasi.yokerjo.jepara.go.id.

Bila terdapat laporan terkait masalah THR, akan dilakukan mediasi terlebih dahulu. Mediasi tersebut mempertemukan pihak karyawan dan perusahaan. Bila tak berhasil, masalah tersebut dibawa ke Peradilan Hubungan Industrial. (rom)

(ks/him/top/JPR)

 TOP