alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

Nama Sirkuit Rakashima Bangkitkan Gairah Dunia Otomotif Jepara

01 Mei 2021, 23: 18: 18 WIB | editor : Ali Mustofa

ATRAKTIF: Sirkuit di Pakis Aji sempat digunakan untuk menggelar ajang lomba balap berbagai kategori sebelum pandemic.

ATRAKTIF: Sirkuit di Pakis Aji sempat digunakan untuk menggelar ajang lomba balap berbagai kategori sebelum pandemic. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Sirkuit balap di Pakis Aji yang dikelola Perumda Aneka Usaha Jepara kini miliki nama baru. Yakni Sirkuit Rakashima. Nama baru itu hasil dari sayembara pemberian nama sirkuit.

Direktur Utama  Perumda Aneka Usaha Jepara Nur Cholis mengatakan dengan branding nama baru itu, sirkuit bakal lebih memiliki nilia jual dan nilai tawar. Sehingga even-even tingkat nasional bisa digelar di Sirkuit Rakashima.

Pihaknya memilih nama Rakashima dengan berbagai pertimbangan sesuai dengan kriteria penilaian sayembara. Nama itu diinisiasi peserta atas nama Suci Ayu Wulandari dengan total 251 sebagai juara I. Disusul Aliva Rosdiana sebagai juara kedua dengan total nilai 250 dan M. Yahya dengan total nilai 248 sebagai juara III.

Baca juga: Juara I Lomba Desa, Tegalsambi Terima Hadiah Rp 1 Miliar

JUARA: Para pemenang sayembara pemberian nama sirkuit balap saat menerima piala dan uang pembinaan dari Perumda Aneka Usaha Jepara.

JUARA: Para pemenang sayembara pemberian nama sirkuit balap saat menerima piala dan uang pembinaan dari Perumda Aneka Usaha Jepara. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Suci Ayu Wulandari mengusung nama Sirkuit RAKASHIMA, yang berasal dari nama tokoh, pemimpin dan pejuang yang memiliki peran besar terhadap perkembangan Jepara dan Indonesia. Yaitu RA. Kartini (RA), Ratu Kalinyamat (KA) dan Ratu Shima (SHIMA). Sementara, Aliva Rosdiana mengusung karya dengan nama Sirkuit Kalingga Jepara dan Shima Sirkuit Jepara yang diusung oleh M. Yahya.

Para pemenang mendapatkan piala dan piagam penghargaan dari Bupati Jepara. Serta uang pembinaan. Juara I Rp 2,5 juta, juara II Rp 1,5 juta, dan juara III Rp 1 juta. “Uang pembinaan disponsori air minum dalam kemasan dan kopi Rojoku produksi Perumda Aneka Usaha Jepara,” kata Nur Cholis.

Ia berharap nama baru Sirkuit Rakashima Jepara membawa semangat baru dunia otomotif Jepara. Sirkuit itu  diharapkan memberikan kebanggaan masyarakat terhadap daerahnya dan juga kesejahteraan masyarakat melalui event-event otomotif.

Pembangunan sirkuit ini dengan tujuan untuk membangkitkan kembali antusias penggemar dan penikmat balap motor roadrace, dragrace dan motocros serta mencetak atlet-atlet profesional. Juga untuk mengurangi maraknya balap liar.

Harapannya dengan dikembangkannya sirkuit  ini menjadi ikon olahraga otomotif Jepara. Sehingga dapat dijadikan lokasi ideal untuk menggelar kejuaraan nasional sekelas Indoprix yang merupakan kejuaraan balap motor road race paling bergengsi di Indonesia.

Terkait pengelolaan, pihaknya menggandeng Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Jepara. Federasi rencana akan mengembangkan fasilitas sirkuti yang belum terpenuhi. Tahun ini pasalnya akan digelar ajang tingkat nasional dan regional. Sekaligus grand opening sirkuit.

Latifun, Ketua Pengurus Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Kabupaten Jepara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berperan dalam realisasi pembangunan itu. Dan berharap pembangunan sirkuit dapat selesai pada Tahun Anggaran 2021 ini. 

(ks/war/him/top/JPR)

 TOP