alexametrics
Selasa, 11 May 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Ditinggal ke Pasar, Rumah di Kudus Terbakar karena Korsleting Listrik

01 Mei 2021, 16: 39: 26 WIB | editor : Ali Mustofa

TERBAKAR: Rumah milik Dede Setyawan terbakar saat ditinggal ke Pasar Brayung. Diduga kebakaran karena korsleting listrik.

TERBAKAR: Rumah milik Dede Setyawan terbakar saat ditinggal ke Pasar Brayung. Diduga kebakaran karena korsleting listrik. (RANI FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Ditinggal ke pasar, rumah milik Dede Setiyawan, 23, warga RT 01 RW III Dukuh Gambir, Desa Hadiwarno, Kecamatan Mejobo, nyaris ludes terbakar. Kebakaran itu diduga akibat korsleting listrik.

Kejadian terjadi ketika korban sekeluarga pergi ke Pasar Brayung sejak pukul 17.00. Beberapa saat berselang, tiba-tiba, Khanafi, 55, tetangga samping rumah korban melihat ada kobaran api di rumah tersebut. Khanafi pun langsung memberitahu warga dan perangkat desa.

"Api pertama kali dari atap rumah. Kayu atap yang terbakar jatuh dan kemudian membakar satu kamar. Kemudian api berkobar dan semakin membesar hingga melahap hampir sebagian bangunan," tutur Khanafi.

Baca juga: Miliki Belasan Lembaga: PAUD hingga Taman Baca

Tak berapa lama, beberapa unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman. Di antaranya dari damkar,  BPBD, Satpol PP dan dari perusahaan swasta.

Petugas pemadam kebakaran terus berusaha menjinakkan api dan mencegah api merambat ke rumah lain. Sekitar setengah jam, si jago merah akhirnya berhasil dijinakkan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Budi Waluyo menyebutkan, penyebab kebakaran saat ini masih diselidiki. Namun dugaan sementara, api muncul akibat korleting listrik. Sebab menurut informasi, sebelum meninggalkan rumah, korban menyalakan lampu ruang tangah dan mengecas HP di kamar.

 “Kami mendapatkan laporan dari warga sekitar pukul 18.45,” ungkapnya.

Beruntung kejadian itu tak memakan korban jiwa. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 40 juta.

Budi mengimbau masyarakat untuk waspada terutama saat meninggalkan rumah. Periksa perangkat elektronik yang ada dalam rumah. Apalagi selama Ramadan ini, tercatat sudah terjadi beberapa kali kejadian kebakaran. (tos)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP