alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

PLN Tanjung Jati B Kembali Gratiskan 280 Sambungan Listrik

28 April 2021, 10: 39: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

TERIMA KASIH: Ngateno, warga Desa/Kecamatan Batealit, Jepara, berdiri di samping meteran listrik bantuan dari PT. PLN TJB pada akhir tahun lalu.

TERIMA KASIH: Ngateno, warga Desa/Kecamatan Batealit, Jepara, berdiri di samping meteran listrik bantuan dari PT. PLN TJB pada akhir tahun lalu. (PT. PLN TJB FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN TJB) menuntaskan program CSR tahun ini. Berupa penyambungan listrik gratis bagi 280 keluarga tidak mampu di Kabupaten Jepara. Periode Februari hingga April. Sejak 2018, total yang sudah tersambung mencapai 1.900 keluarga di 14 kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di kabupaten Jepara.

Sebelumnya, PLN TJB juga telah menyambungkan listrik secara gratis kepada 620 keluarga pada 2020, 483 keluarga pada 2019, dan 517 keluarga pada 2018. Sasarannya, masyarakat tidak mampu yang belum tersambung listrik. Meliputi di Kecamatan Kembang, Bangsri, Pakis Aji, Mlonggo, Batealit, Kedung, Pecangaan, Tahunan, Jepara, Nalumsari, Keling, Mayong, Donorojo, dan Kalinyamatan.

General Manager PLN TJB Rachmat Azwin menyampaikan, program ini sebagai wujud komitmen PLN untuk meningkatkan geliat perekonomian daerah. ”Salah satu stimulus ekonomi paling penting adalah kemudahan akses listrik. Sehingga kami putuskan untuk melanjutkan program penyambungan listrik gratis ini,” urainya.

Baca juga: Bupati dan Perhutani Jajaki Kerja Sama Seriusi Pembangunan Desa Hutan

PLN PEDULI: Petugas PLN memasang listrik di rumah salah satu warga di Desa/Kecamatan Pakis Aji, Jepara, akhir Februari lalu.

PLN PEDULI: Petugas PLN memasang listrik di rumah salah satu warga di Desa/Kecamatan Pakis Aji, Jepara, akhir Februari lalu. (PT. PLN TJB FOR RADAR KUDUS)

Penyambungan listrik ini tidak dipungut biaya apapun. Semua ditanggung perusahaan sebagai salah satu program CSR PLN TJB. Bagi calon penerima bantuan listrik gratis yang memenuhi syarat akan dipasang listrik dengan daya 900 VA/TM dengan tiga titik lampu setara nominal Rp 1.305.000 per sambungan.

”Syarat mendapatkan pemasangan listrik gratis ini, sesuai dengan aturan pemerintah. Yakni calon penerima bantuan terdata di Basic Data Terpadu (BDT) Kementerian ESDM. Kemudian diadakan survei ulang oleh PLN dan Pemkab Jepara. Jika data sudah benar, akan segera disambung. Ini dilakukan untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran,” jelas Azwin.

Dengan bantuan ini, jadi ada 1.900 rumah yang tadinya gelap menjadi terang. Aktivitas belajar, ibadah, dan perekonomian keluarga semakin meningkat. ”Diharapkan perekonomian daerah semakin bertumbuh di tengah masa pandemi ini,” harapnya. 

(ks/zen/lin/top/JPR)

 TOP