alexametrics
Selasa, 11 May 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Bangga Mainkan Seni Tradisional

24 April 2021, 09: 59: 42 WIB | editor : Ali Mustofa

Destyani Anggia Winarno Putri

Destyani Anggia Winarno Putri (DOK PRIBADI)

Share this      

ZAMAN terus berkembang pesat. Selera kehidupan dipengaruhi selera global. Destyani Anggia Winarno Putri menjadi gadis yang teguh pada pendirian. Tetap mencintai kesenian tradisional. Hal itu dibuktikan dengan bangga memainkan gamelan. Alat musik asli tradisional negeri ini.

Di era sekarang ini, mayoritas anak-anak milenial tak bisa dilepaskan dari smartphone. Seiring berjalannya waktu, berbagai kesenian tradisional mulai ditinggalkan. Hanya sebagian kecil yang masih menekuni.

Destyani sejak kecil memiliki segudang keterampilan dalam bidang seni. Seperti menyanyi lagu Jawa, menari, maupun memainkan gamelan.

Baca juga: Bagaimana agar Mantap Mengikuti Jadwal Magrib dan Imsak?

”Bisa nyanyi sejak kecil. Dulu sering nyanyi-nyanyi lagu Jawa. Suka menari juga dari kecil. Soalnya sering nonton ketoprak. Di ketoprak itu kan ada tari gambyong. Dari situlah sering ngikutin. Sedangkan main gamelan sejak TK," ungkap gadis yang masih duduk di bangku kelas X SMAN 3 Pati ini.

Meskipun belum dikatakan mahir, namun berbagai keterampilan yang dimilikinya itu, memang berawal dari suka. Kemudian timbul rasa penasaran dan semakin ingin mendalami.

Destya menyebut, keahliannya di bidang seni tradisional itu, didapat secara otodidak. Namun saat kelas VII SMP, keterampilan yang ia dapat secara otodidak itu, ia poles dengan ikut sanggar Tari Rimong Batik sampai sekarang.

”Bermain gamelan pun juga otodidak. Hampir semuanya otodidak. Alhamdulillah meski demikian, sudah pernah beberapa kali ikut pentas. Namun, sejauh ini yang paling saya dalami itu nyinden sama menari," jelasnya.

Biasanya ia latihan rutin untuk mengasah kemampuannya dua kali dalam pekan.

”Inshaallah pengen jadi pekerja seni atau seniman. Tapi jadi guru atau dosen seni juga boleh," imbuhnya. 

(ks/aua/lin/top/JPR)

 TOP