alexametrics
Selasa, 11 May 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Bikin Latte dan Manajemen Bisnis

20 April 2021, 10: 22: 33 WIB | editor : Ali Mustofa

Tristhalia Yasinta

Tristhalia Yasinta (DOKUMENTASI PRIBADI)

Share this      

MENEMPUH jalan di industri kopi membuat tekad Tristhalia Yasinta kuat. Meski saat ini hanya sebagai barista dirinya melakukan penyelaman lebih dalam. Di sampig itu, kenginannya sangat kuat untuk memiliki kedai kopi sendiri.

Perempuan asli Kudus ini, mengaku belajar kopi secara autodidak di tempat ia bekerja sekarang. Pertama-tama ia belajar membuat kopi secara benar dan pas terlebih dahulu.
”Awalnya ngeracik bikin latte dulu, sampai bener-bener lancar,” katanya.

Setelah dirasa lancar, Sinta sapaan akrabnya kini dipindah tugaskan. Ia tak lagi manjadi barista di kedai kopi tempatnya bekerja. Sekarang ia malah bersinggungan dan menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Baca juga: Fenomen Mudik Awal Harus Diantisipasi dengan Langkah Bijak dan Tepat

Jabatan yang diemban adalah Guest Relationship Officer (GRO). Di sini ia lebih tahu akan keninginan customer sekaligus bisa dijadikan bahan evaluasi. Agar kedainya tersebut bisa berkembang.

”Ini ga melu-melu bikin kopi, tapi pelayanan pelanggan harus dimaksimalkan,” katanya.

Selain itu, ia menerapkan menyelam sambil meminum air. Ia sangat enjoy belajar apapapun tentang industri kopi. Mulai menentukan target pasar, mengelola SDM, dan marketing.

Titik perolehan ilmu akan dimanfaatkan betul olehnya dikemudian hari. Jika ada kesempatan ia berkeinginan membuka lapangan kerja baru di bidang kopi. 

(ks/gal/zen/top/JPR)

 TOP