alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Fraksi Sepakat Wabup Jepara Diisi

14 April 2021, 19: 57: 37 WIB | editor : Ali Mustofa

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Jepara Edy Aryanto

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Jepara Edy Aryanto

Share this      

JEPARA, Radar Kudus – Sisa masa jabatan kepala daerah Jepara terhitung tinggal sekitar setahun. Sebagian fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara lebih condong sepakat wakil bupati tetap diisi. Sementara tahapan rekomendasi dua nama dari partai belum kunjung masuk ke DPRD Jepara.

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indoensia Perjuangan Edy Ariyanto mengungkapkan, fraksi PDI Perjuangan berharap keksosonga wabup tetap diisi. Agar bisa membantu bupati dalam melaksanakan tugas.

Menurutnya selama ini beberapa agenda penting tidak bisa dihadiri bupati langsung. Karena padatnya kegiatan. Diwakili sekda atau asisten. “Kalau ada wakil, bisa membantu baik menghadiri acara kedinasan maupun bagi tugas di internal eksekutif untuk menjalankan program-program pemerintah,” ujarnya.

Baca juga: Gelar Razia, Satpol PP Kudus Ciduk 12 Muda-Mudi dari Lima Hotel

Soal proses pengisian itu, pihaknya masih menunggu keputusan partai. Saat ini dinamika yang ada baru muncul tiga nama calon wakil bupati dari dewan pimpinan pusat PDI Perjuangan sebagai partai pengusung. Tinggal menunggu pengerucutan dua nama. Kemudian diajukan ke dewan. “Fraksi siap mengawal proses pemilihan di paripurna. Sekarang masih menunggu tahapan yang masih berproses,” tuturnya.

Di lain kesempatan, Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno mengatakan selama waktu kekosongan sejak dilantik bupati defintif masih memenuhi, setuju wakil bupati diisi. Menurutnya tidak bagus wakil bupati dibiarkan kosong.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Khoirun Ni’am mengungkapkan jika mengacu undang-undang nomor 10 tahun 2016, kondisi di Jepara kekosongan wakil bupati bisa diisi. Meskipun menurutnya secara kapasitas, bupati Jepara Dian Kristiandi mampu namun butuh pendamping untuk menyelesaikan masa jabatan.

“Agar jalannya pemerintahan berjalan baik untuk menyelesaikan visi misi yang belum tuntas,” imbuhnya. (war)

(ks/war/top/JPR)

 TOP