alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Kelompok Tani Desa Kesambi Kudus Diberi Pembinaan Pertanian

14 April 2021, 14: 22: 34 WIB | editor : Ali Mustofa

DUDUK BARENG: Petugas penyuluh dari Dinas Pertanian dan Pangan Kudus bersama anggota DPRD Kudus Sutejo (pakai peci) memberi pembinaan kepada petani di Desa Kesambi baru-baru ini.

DUDUK BARENG: Petugas penyuluh dari Dinas Pertanian dan Pangan Kudus bersama anggota DPRD Kudus Sutejo (pakai peci) memberi pembinaan kepada petani di Desa Kesambi baru-baru ini. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, – Petani Desa Kesambi, Mejobo, beberapa waktu lalu mendapatkan sosialisasi dan pembinaan dari penyuluh pertanian. Agar para petani yang tergabung di sejumlah kelompok itu bisa berjalan bersama. Tidak sendiri-sendiri.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kudus Sutejo mengatakan, pembinaan itu untuk membantu kebijakan Pemkab Kudus berupa alat pertanian atau bibit. Kalau berjalan beriringan mudah untuk memprosesnya.

”Sebagai pengawalan, pembinaan petani harus selalu ada kebersamaan, ada permasalahan dirembuk bersama. Agar petani lebih sadar manakala bantuan turun ke bawah mudah, karena sudah solid. Menyamakan persepsi,” jelasnya.

Baca juga: Persiapan PTM, Ajukan Vaksinasi Guru

Misalkan, ada serangan hama tikus, petani bisa bersama-sama menangani. Tejo mengatakan, petani di Desa Kesambi diberikan pemahaman. Pihaknya, mendatangkan petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Kudus.

Untuk kebutuhan pupuk, tidak ada persoalan. Sudah ada ketentuan aturan. Dengan menggunakan kartu tani dan jatah pupuk sesuai garapan yang dimiliki. Kemudian jenis pupuk ditentukan dari pemerintah.

”Jumlah petani yang sudah memiliki kartu tani ada 400. Memang masih ada yang proses pengajuan. Tidak harus petani mengurus sendiri, ada paguyuban lebih mudah pengurusannya,” jelasnya.

Kepala Desa Kesambi Mokhamad Masri mengatakan, pertemuan itu rutin tiga bulanan. Ada agenda kegiatan tiga bulan sekali yang dilakukan Pemdes Desa kesambi dengan kelompok tani bersama Dinas Pertanian dan Pangan Kudus.

”Inti dari pertemuan untuk membahas persoalan di bidang pertanian yang selama ini dihadapi para petani. Hadir juga agen atau toko pupuk yang sudah ditunjuk oleh dinas terkait,” jelasnya. 

(ks/san/lid/top/JPR)

 TOP