alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Hartopo Dilantik Jadi Bupati Kudus Besok di Semarang

08 April 2021, 11: 15: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

HM Hartopo

HM Hartopo (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Plt Bupati Kudus Hartopo akan dilantik bupati akan digelar di kantor Gubernuran, Semarang, sekitar pukul 10.00 Jumat (9/04). Hartopo akan dilantik sendirian. Tak bersama kepala daerah lainnya yang terpilih dalam Pilkada 2020.
Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Kudus Agus Budi Satriyo menyatakan berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pemrov Jateng, Plt Bupati Kudus Hartopo akan dilantik besok (9/4).
”Akan dilantik secara langsung, besok (Jumat, Red) oleh Gubernur Jateng,” terangnya.
Pihaknya menjelaskan meski jadwalnya sudah pasti, Pemkab Kudus belum mendapatkan SK terkait pelantikan Plt Bupati Kudus Hartopo. Di samping itu, hal tersebut merupakan kewenangan dari Pemprov Jateng.
”SK sudah dikirim ke Gubernur dari Kemendagri. Kami tidak menerima. Karena itu kewenangan dari Pemrov (Jateng, Red),” terangnya.
Sementara itu, Plt Bupati Kudus Hartopo ditanya terkait pelantikan itu, mengaku tak tahu menahu soal kapan dirinya dilantik. Akan tetapi, menurut informasi yang diperolehnya SK dari Kemendagri telah diserahkan kepada Pemrov Jateng.
Pihaknya berharap pelantikan yang akan dijalininya berlangsung lancar. Di sisi lain, pihaknya siap menjunjung dan melaksanakan tugas ke depannya.
”Saya tidak tahu (jadwal pelantikan, Red) , yang penting saya mengalir saja,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya Hartopo diusulkan menjadi bupati Kudus Kamis (18/2). Usulan itu disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kudus Masa Persidangan Kedua dalam acara Usulan Pengangkatan dan Pengesahan Wakil Bupati Kudus Menjadi Bupati Kudus Sisa Masa Jabatan 2018 – 2023 Dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Kudus Masa Jabatan tahun 2018 – 2023.

Rapat paripurna saat itu dipimpin Ketua DPRD Kudus Masan tersebut. Rapat telah memenuhi kuorum sehingga berlangsung secara sah.

Baca juga: IRT Rembang Raih Xpander Undian Hadiah Tabungan Bima BPD Jateng 

Pengusukan ini lantaran berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 131.33-2015 tahun 2021 tanggal 8 Februari 2021 telah menyatakan Bupati Kudus M Tamzil secara resmi diberhentikan dari jabatannya periode 2018-2023. 

(ks/gal/zen/top/JPR)

 TOP