alexametrics
Jumat, 16 Apr 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Clering Jadi Desa Kelima Mitra Pengawasan Pemilu

08 April 2021, 06: 20: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

DESA PERBATASAN: Petinggi beserta jajarannya beserta ketua Bawaslu Jepara meresmikan Desa Clering, Donorojo, sebagai desa mitra pengawasan pemilu baru-baru ini.

DESA PERBATASAN: Petinggi beserta jajarannya beserta ketua Bawaslu Jepara meresmikan Desa Clering, Donorojo, sebagai desa mitra pengawasan pemilu baru-baru ini. (BAWASLU JEPARA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA, Radar Kudus – Bawaslu Jepara kembali meresmikan desa mitra bertajuk ”Desa Pengawasan Pemilu”. Setelah Desa Klepu, Keling, kini Desa Clering, Donorojo, menyusul diresmikan. Peresmian itu, sebagai awal usaha Bawaslu Jepara agar masyarakat Desa Clering sadar politik. Demi terwujud demokrasi bersih dan bermartabat.

Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan pemilu atau pilkada. Hal ini untuk meningkatkan partisipasi sebagai pendorong mewujudkan pemilu berjalan dengan aman lancar, kondusif, jujur, bermartabat, dan berintegritas.

Ia menyakini warga Desa Clering dapat menjadi pemilih yang baik yang sesuai hati nurani tidak ada embel-embel apapun.  ”Kerja sama ini agar masyarakat bersama mengawasi demokrasi, menjadi mitra pengawasan dan pemilih baik,”katanya.

Baca juga: Dua Raperda Inisiatif Dewan Mulai Dibahas, Apa Saja?

Alasan Desa Clering diajak sebagai desa mitra Bawaslu, lantaran desa perbatasan yang mempunyai perbedaan budaya dan kebiasaan. Niat Bawaslu Jepara agar informasi dan pendidikan partisipatif pemilu dapat terjangkau. Sampai ke wilayah sejauh 52 km dari pusat Kota Jepara ini.

Ia berharap, muncul kader-kader penyelenggara yang mempunyai pengetahuan kepemiluan. Sebagai estafet kaderisasi, baik kader Bawaslu maupun KPU.

Petinggi Desa Clering Ahmad Nasuri adalah mantan pengawas Desa Clering pada 2009-2019. Itu jadi alasan lebih Bawaslu memilih Clering sebagai desa mitra. Terkait teknis pembinaan dan pendidikan politik di Desa Clering  program didapat dari Bawaslu Jepara.

”Inisiatif dapat dari Bawaslu, organisasi desa, masyarakat atau pemdes yang mempunyai tujuan sama. Bawaslu Jepara siap mengawal,” ujar Sujiantoko.

Adanya peresmian ini, Bawaslu Jepara sementara ini punya delapan desa mitra. Terdiri dari lima desa pengawasan pemilu dan tiga desa antipolitik uang. Objek sasaran desa mitra masih akan ditambah. Total pada tahun ini, pihaknya menargetkan 14 desa mitra di Jepara. (rom)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya