alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

 PAC PDIP se-Jepara Ogah Cawabup dari Luar Partai karena Faktor Ini

07 April 2021, 14: 27: 11 WIB | editor : Ali Mustofa

ASPIRASI: PAC se-Jepara mendatangi DPC PDIP Jepara menyampaikan pernyataan penolakan pengusulan wakil bupati Jepara dari luar partai kemarin. 

ASPIRASI: PAC se-Jepara mendatangi DPC PDIP Jepara menyampaikan pernyataan penolakan pengusulan wakil bupati Jepara dari luar partai kemarin.  (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS )

Share this      

JEPARA – Pengurus PAC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) se-Jepara mendatangi kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP kemarin. Mereka menyampaikan aspirasi menolak pengusulan sosok di luar kader dan struktural partai sebagai calon wakil bupati (wabup) Jepara.

Pernyataan sikap itu, dituangkan dalam surat tertulis ditandatangani 16 ketua PAC PDIP se-Kota Ukir. Sebanyak 13 perwakilan PAC kemarin siang diterima Wakil Ketua DPC PDIP Jepara Nur Cholis.

Perwakilan PAC, Ketua PAC PDIP Nalumsari Sutarto mengungkapkan, pihaknya mendorong agar partai merekomendasikan dua nama calon wakil bupati dari kalangan internal atau struktural partai.

Baca juga: Guru SDN 1 Rejosari Raih Xpander dari Tabungan Bima Periode II 2020

Hal itu menyikapi adanya surat instruksi dari DPP PDIP yang menugaskan tiga nama calon wakil bupati untuk menggalang dukungan ke fraksi di DPRD Jepara. Ketiganya, Andi Rokhmat, Siti Aizatin, dan Mulyaji.

Siti Aizatin dan Andi Rokhmat merupakan kader PDIP. Sementara Mulyaji mantan birokrat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. ”Jika yang direkomendasikan atau bahkan yang terpilih bukan dari internal, itu artinya menjatuhkan martabat partai di hadapan kader dan struktural,” tegasnya.

Sedangkan Mulyaji, pada pemilu 2017 lalu justru menjadi pendukung pasangan yang tidak diusung PDIP. ”Kami harapkan apa yang menjadi aspirasi PAC ini, benar-benar ditindaklanjuti DPC,” harapnya.

Sementara itu, Nur Cholis mengapresiasi langkah PAC dalam menyampaikan aspirasi. Dengan begitu, menandakan PDIP sebagai partai modern dan demokratis. ”Segera kami tindaklanjuti dan sampaikan kepada pimpinan. Apa yang disampaikan PAC ini baik. Membawa aspirasi dari bawah untuk disampaikan kepada DPC,” tuturnya.

Karena tidak bertemu dengan ketua DPC PDIP Jepara, perwakilan PAC kembali mendatangi DPC kemarin sore. Kedatangan yang kedua itu, diterima Ketua DPC PDIP Jepara Andang Wahyu Triyanto dan Wakil Sekretaris Bobby Alfianto.

Ketua PAC Pakis Aji Edy Ariyanto menjelaskan, PAC menolak adanya nama yang bukan dari kader dan struktural partai dalam pengisian wabup. Di sisi lain, pihaknya tegak lurus dengan kebijakan partai. ”Kalau bisa (wabup) memang dari kalangan internal (PDIP). Jangan sampai nama yang diusulkan dari luar (PDIP),” katanya.

Sosok yang juga ketua Fraksi PDIP DPRD Jepara itu, mendesak agar DPC PDIP Jepara segera mengirim surat kepada bupati berisi dua nama calon wabup. Kemudian bupati Jepara mengirimkan permohonan pengisian wabup ke DPRD Jepara.

”Selaku fraksi, kami mengawal prosesnya ketika masuk di dewan. Agar bisa diparipurnakan. Sementara soal pilihan, itu nanti diserahkan ke masing-masing anggota,” imbuhnya. 

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya